5 Cara Membersihkan Kamar Mandi Pakai Cuka Putih

Hestianingsih - wolipop Jumat, 09 Okt 2020 17:30 WIB
3d render of a cozy bathroom ready to be made and used in some apartment. Ilustrasi kamar mandi. Foto: Getty Images
Jakarta -

Membersihkan kamar mandi bisa jadi pekerjaan rumah tangga yang paling melelahkan. Noda dari air, sabun atau residu lainnya sering kali sulit dibersihkan terlebih lagi jika sudah membentuk kerak.

Produk pembersih kamar mandi biasanya mengandung bahan kimia keras yang bisa merusak kulit jika tidak memakai alat pelindung seperti sarung tangan boots karet. Belum lagi aroma menyengat yang serasa menusuk hidung.

Sebagai alternatif, kamu bisa membersihkan kamar mandi dengan cuka yang lebih alami dan aman. Cairan asam ini bisa meluruhkan noda maupun kerak mulai dari kepala shower hingga lantai kamar mandi.

Ini beberapa cara membersihkan kamar mandi dengan cuka yang patut kamu coba, seperti dikutip dari Metro.co.uk.

1. Membersihkan Toilet

Tuangkan satu cangkir cuka putih ke dalam baskom dan diamkan semalaman. Pagi harinya taburkan sedikit baking soda ke dalam cuka, lalu gunakan campuran itu untuk menggosok toilet atau kloset, lalu flush atau siram. Toilet akan kembali putih dan bersih tanpa noda.

2. Membersihkan Sumbatan Pada Lubang Air

Lubang pembuangan air di kamar mandi kadang bisa tersumbat oleh kotoran atau residu produk-produk mandi dan membuat mampet. Kamu bisa membersihkannya dengan dengan menyiramkan air panas ke lubang tersebut.

Selanjutnya taburkan 125 gram baking soda, diikuti dengan campuran air dan cuka putih dengan perbandingan 50:50 ke lubang pembuangan. Tunggu selama 10 menit lalu siramkan kembali air panas.

3. Membersihkan Bak Mandi

Cara membersihkan kamar mandi selanjutnya adalah pada bagian bak mandi. Area ini bisa meninggalkan noda membandel, jadi licin dan kotor karena resisu sabun.

Untuk membersihkannya, usap bak mandi dengan cuka lalu taburkan soda bikarbonat, lalu sikat menggunakan kain atau sikat kamar mandi. Setelah itu bilas dengan air.

4. Membersihkan Lantai Kamar Mandi

Campurkan 1/2 cangkir cuka putih dengan satu liter air hangat. Basahkan sikat kamar mandi dengan cairan tersebut lalu gosok lantai kamar mandi. Kemudian bilas dan diamkan sampai mengering.

5. Membersihkan Kerak pada Kamar Mandi

Noda berupa kerak kecokelatan membuat kamar mandi tampak kumuh dan kotor. Untuk menghilangkannya, tuangkan cuka ke dalam botol spray lalu semprotkan pada bagian yang bernoda, diamkan 15 menit. Kemudian gunakan sikat gigi bekas untuk digosok sampai bersih dilanjutkan dengan membilasnya pakai air.

Itulah lima cara membersihkan kamar mandi menggunakan cuka. Semoga tips ini bisa bermanfaat, ya!



Simak Video "Yuk Intip Proses Pembuatan Sepatu Rajut Lokal!"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)