Antisipasi Corona, Cek Tips Efektif Bersihkan Rumah Ini

Reyhan Diandri Ghivarianto - wolipop Rabu, 25 Mar 2020 11:29 WIB
Ilustrasi Bersih bersih rumah Foto: shutterstock
Jakarta -

Imbauan social distancing terus digalakkan oleh pemerintah maupun berbagai elemen masyarakat menyangkut pencegahan virus Corona (Covid-19). Dengan adanya social distancing seperti saat ini, tentu saja lingkungan yang harus dijaga dengan baik adalah rumah kita sendiri.

Dengan menjaga kebersihan baik di luar maupun di dalam rumah, kita juga bisa secara efektif melindungi keluarga dari ancaman virus yang mungkin dibawa sebelumnya. Lalu bagaimana sih caranya untuk membersihkan rumah dengan efektif saat sedang social distancing saat ini? Berikut tipsnya dilansir dari usatoday.com.

Bersihkan Secara Menyeluruh
Ruangan seperti ruang tamu, ruang makan, dapur, dan kamar mandi menjadi prioritas kita untuk dibersihkan. Lalu bagian-bagian rumah atau benda yang sering dipegang dan riskan terkontaminasi virus oleh tangan merupakan target utama yang harus kita bersihkan. Contohnya seperti gagang pintu, meja, pegangan kursi, wastafel, saklar lampu, remot tv, peralatan komputer, dan sebagainya. Tak lupa juga kita harus membersihkan lantai dan jendela yang sekiranya terdapat partikel-partikel menempel saat kita bersin atau batuk.

Buat Jadwal Membersihkan Rumah
Jangan membersihkan rumah secara sekaligus, lebih baik buat jadwal untuk membersihkan per bagian rumah secara menyeluruh. Contohnya saat sedang WFH pada hari Senin - Jumat, kalian bisa membereskan tempat-tempat yang menjadi ruang kerja dan sekitarnya yang sering kita masuki. Kemudian di saat libur bisa membersihkan ruangan lain yang jarang digunakan.

Ajak Keluarga untuk Membantu dan Gunakan Produk yang Tepat
Membersihkan rumah dengan keluarga juga bisa menjadi aktivitas yang baik dikala social distancing, kalian bisa lebih dekat dengan mereka dan mengurangi stress akibat terlalu lama di dalam rumah. Sehingga membersihkan rumah juga menjadi lebih efektif dan menyenangkan dengan partisipasi keluarga kalian. Lalu tentunya gunakan produk yang tepat seperti disinfektan saat membersihkan bagian-bagian paling riskan yang telah disebutkan sebelumnya.

Gunakan Jasa Pembersih Profesional
Jika kalian tidak memiliki pengalaman membersihkan rumah dengan baik atau secara menyeluruh, ada baiknya untuk menyewa jasa pembersih profesional yang masih bekerja di saat social distancing seperti ini. Dengan bantuan profesional maka membersihkan rumah akan lebih mudah dan kalian juga bisa mempelajari cara mereka membereskan rumah dengan baik.

Aplikasi Grab memiliki layanan Clean&Fix yang menyediakan jasa Daily Cleaning. Kamu bisa menyewa jasa melalui aplikasi untuk membersihkan rumah, apartemen, kantor, kost, dan sebagainya. Kamu hanya perlu membuat jadwal untuk menentukan seberapa lama jasa pembersih akan membersihkan rumahmu (tarif pembersihan Rp 60.000/jam).

Peralatan dan alat kimia telah disediakan oleh penyedia jasa jadi kamu tidak perlu repot-repot lagi membeli alat pembersih. Saat ini ada paket layanan tambahan berupa paket disinfektan, jasa disinfektan akan dilakukan selama 30 menit untuk membersihkan permukaan yang rawan terjangkit oleh virus.



Simak Video "Tahu Nggak Sih? Ini Daya Tahan Virus Corona di Berbagai Benda"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)