Tanaman Hias Monstera Lagi Hits, Ini Harga dan Cara Perawatannya

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 08 Des 2020 19:00 WIB
Tanaman hias Monstera yang mempunyai daya tarik. Foto: Instagram @mira_medya. Tanaman hias Monstera yang mempunyai daya tarik. Foto: Instagram @mira_medya.
Jakarta -

Kamu yang ikut demam tanaman hias selama masa pandemi COVID-19 ini pasti tak asing dengan Monstera. Bentuk daunnya yang unik membelah secara alami, membuat Monstera mempunyai daya tarik tersendiri. Monstera pun menjadi salah satu tanaman hias yang hits sepanjang 2020.

Untuk mengetahui lebih tentang Monstera, Wolipop berbincang dengan kolektor tanaman hias yang memiliki beragam jenis Monstera di rumahnya. Ialah Mira Medyaningrum yang sudah merawat tanaman hias Monstera sejak 2018. Mira pun menjelaskan alasan kenapa Monstera kini begitu populer.

"Memang pesonanya hebat banget Monstera ini. Nggak ada yang nggak suka sama monstera. Biarpun harga meroket tapi tetap ada yang suka dan beli lho. Sebagian besar plant lovers tertarik karena bentuk daunnya yang unik membelah dan merawatnya pun tidak susah kok," kata Mira saat diwawancara oleh Wolipop belum lama ini.

Mira menambahkan jenis monstera variegata kini juga menjadi incaran. Monstera tersebut daunnya bermotif marble, flag bahkan albino. Tanaman hias Monstera albino ini terjadi karena proses pembentukan pigmen yang gagal sehingga tanamannya menjadi belang atau bermotif.

"Anehnya proses ini justru dinilai berharga karena dilihat dari keunikan motif daunnya, kebanyakan orang menyukai dan mengganggap cacat ini bernilai. Sehingga rela merogoh kocek yang tidak murah. Padahal risiko daun terbakar pada bagian belang atau putihnya akan besar dan daun tidak akan bertahan lama, paling lama 6 bulan," jelasnya.

Harga Monstera

Tanaman hias monsteraTanaman hias monstera yang menjadi primadona. Foto: Instagram @mira_medya.

Seiring dengan populernya hobi tanaman hias, harga Monstera pun kata Mira meroket. Monstera variegata bisa dijual mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu dengan kondisi memiliki daun remaja yang rimbun namun belum terbelah sempurna.

Mosntera variegata hasil perbanyakan yang memiliki satu daun pancing dan satu tunas harganya bahkan bisa bernilai jutaan rupiah. Namun kata Mira, harga tersebut juga tergantung dari motif Monstera tersebut.

"Semakin bagus motifnya akan semakin tinggi harganya apalagi daunnya sudah membelah sempurna. Jadi bagi yang sudah punya monstera variegata disayang-sayang yaaahh karena kita gak tahu sampai kapan harga akan menggila seperti ini," katanya.

Ada juga monstera yang harganya mencapai jutaan rupiah. "Rp 1-3 juta jenis Monstera Thai Constellation. Kalau yang ukuran dewasa berdaun 3-4, Monstera Thai Constellation harganya bisa puluhan juta rupiah," ujar Mira.

Bagaimana perawatan tanaman hias Monstera dan cara membasmi hama yang menghinggapinya? Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2