10 Tanaman Hias Paling Mahal di Indonesia, Lagi Banyak Dicari

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 30 Nov 2020 17:01 WIB
Monstera Variegata yang lagi fenomenal. Foto: Dok. Instagram @iqbalxakbar/Ilustrasi Tanaman hias termahal di Indonesia.
Jakarta -

Mengoleksi tanaman hias menjadi kepuasan tersendiri. Apalagi kini memelihara menjadi salah satu kegiatan yang paling diminati semenjak pandemi COVID-19. Tak heran harga tanaman hias meningkat karena banyaknya permintaan.

Wolipop berbincang dengan penjual tanaman hias Wuri Setyaningsih pemilik akun Instagram @kebunwuri untuk membahas tanaman hias termahal di Indonesia pada 2020. Wuri mengatakan tanaman hias mahal ini bukan hanya tanaman yang kini sedang hits seperti monstera dan aglonema. Ada juga tanaman hias anggrek yang harganya bisa mencapai ratusan juta.

Daftar tanaman hias paling mahal di Indonesia 2020

1. Anggrek Hitam Papua

Anggrek Hitam Papua yang memesona.Anggrek Hitam Papua yang memesona. Foto: Dok. Instagram @siucip4.

Bagi pecinta tanaman tentu sudah tak asing dengan anggrek hitam Papua. Anggrek Hitam Papua termasuk dalam familia Orchidaceae. Memiliki kelopak bunga berwarna hitam dan elegan, harga pasaran Anggrek Hitam Papua sudah menembus Rp 100 juta ke atas. Harga mahal ini imbas dari langkanya anggrek tersebut baik di alam, maupun petani.

2. Monstera Andasonii Variegata Impor Jepang

Monstera Andasonii Variegata Impor Jepang.Monstera Andasonii Variegata Impor Jepang. Foto: Dok. Instagram @amanahflowers7.


Tanaman hias Monstera Andasonii Variegata Impor Jepang, harganya menurut Wuri sudah tembus Rp 50 - 60juta. Tanaman ini memiliki lubang alami pada setiap daunnya. Bentuk daunnya lebih oval dan warna daunnya hijau tua.

3. Rothschild's Orchid

Anggrek emas Kinabalu.Anggrek emas Kinabalu. Foto: www.anggrekmania.com.

Rothschild's Orchid atau anggrek emas Kinabalu ditemukan pada tahun 1987. Dikarenakan hampir punah membuat tanaman ini dibanderol dengan harga tinggi. Harga anggrek emas Kinabalumencapai Rp 73 juta per tangkai.

4. Aglonema

Jenis Aglonema merah yang paling banyak dicariJenis Aglonema merah yang paling banyak dicari. Foto: Instagram @kebunwuri.

Tanaman hias paling mahal di Indonesia di 2020, salah satunya ada Aglonema. Nama ilmiahnya adalah Aglaonema. Tanaman ini cukup populer saat ini karena memiliki ciri khas tersendiri. Aglonema berdaun merah harganya bisa mencapai Rp 6 juta di pasaran. Genus Aglaonema memiliki sekitar 30 spesies.

5. Philodendron Pink Princess

Philodendron Pink Princess.Philodendron Pink Princess. Foto: Dok. Instagram @nyonyadestira.


Tanaman hias Philodendron Pink Princess sudah tembus harga Rp 3 juta. Philodendron Pink Princess merupakan salah satu jenis Philodendron yang paling langka dan berharga mahal. Jenis tanaman ini punya daun yang terdiri dari dua warna yaitu hijau gelap dan pink. Warna pink pada daunnya muncul karena adanya mutasi genetik (variegata). Kombinasi warna daun tersebut, sangat dipengaruhi oleh intensitas cahaya yang didapatkannya.

6. Monstera Variegata

Monstera Variegata yang lagi fenomenal.Monstera Variegata yang lagi fenomenal. Foto: Dok. Instagram @nyonyadestira.


Monstera Variegata merupakan salah satu tanaman hias yang fenomenal saat ini. Perminatnya pun semakin banyak sehingga dipasaran tembus dari Rp 1,5 hingga Rp 10 jutaan. Tanaman ini memiliki gradasi warna putih pada daunnya.

7. Philodendron Paraiso Verde

Philodendron Paraiso Verde.Philodendron Paraiso Verde. Foto: Dok. Instagram @nyonyadestira.


Tanaman hias paling mahal di Indonesia selanjutnya, Philodendron Paraiso Verde yang lagi naik daun. Saat ini daunya runcing lebar dan warnanya menarik. Harga Philodendron Paraiso Verde dibanderol per daunnya saja dimulai dari Rp 1,5 juta. Harga Philodendron Paraiso Verde tergantung ukuran daun. Semakin besar daunnya tentu harganya akan semakin mahal.

8. Philodendron Silver Cloud

Philodendron Silver Cloud.Philodendron Silver Cloud. Foto: Dok. Instagram @dharmajungle.

Philodendron Silver Cloud keunikannya terdapat pada bagian daunnya yang lebar bentuk hati. Ciri khas salah satu tanaman hias termahal di 2020 ini, mempunyai guratan dan warna silver yang cantik dipandang mata. Daunnya juga agak tebal. Begitu mahalnya, tanaman Philodendron Silver Cloud dijual dengan menghitung jumlah daunnya. Harga per daun tanaman ini Rp 1,3 jutaan.

9. Philodendron Mamei

Philodendron Mamei.Philodendron Mamei. Foto: Dok. Instagram @dharmajungle.


Philodendron Mamei termasuk tanaman hias mahal. Harga per daun dari tanaman ini, menrut Wuri, berkisar Rp 1 juta. Mamei hampir sama dengan Philodendron Silver Cloud, bedanya terletak pada warnanya. Warna perak pada Philodendron Mamei tidak mendominasi dan bentuknya juga sama dengan Philodendron Silver Cloud, berdaun lebar. Sekilas agak susah untuk membedakan Philodendron Mamei dengan Philodendron Silver Cloud.

10. Anthurium Vetchii

.
Nyonya Destira kolektor tanaman hias sultanAnthurium Vetchii. Foto: Instagram @nyonyadestira.

Salah satu pecinta tanaman hias yang populer di Instagram Nyonya Destira mengungkapkan, di kalangan pecinta tanaman ada julukan king and queen untuk setiap tanaman. Dia sendiri memiliki raja dan ratu tanaman jenis Anthurium yang harganya di pasaran mencapai jutaan rupiah bahkan puluhan juta untuk ukuran dewasa. "Ada Genus Anthurium, Kingnya adalah Anthurium vetchii dan Queennya adalah Anthurium warocqueanum. Aku punya dua-duanya," ujarnya.

Itulah 10 tanaman hias paling mahal di Indonesia. Mana yang paling menarik buat kamu plant lovers?

(gaf/eny)