Liputan Khusus Tanaman Hias Mahal

Hari Menanam Pohon Indonesia, Ini Kisah Para Pemilik Tanaman Hias Sultan

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 28 Nov 2020 14:30 WIB
Nyonya Destira kolektor tanaman hias sultan Nyonya Destira, hobi koleksi tanaman hias termasuk tanaman hias berharga sultan. Foto: Instagram @nyonyadestira
Jakarta -

Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) jatuh tepat hari ini, 28 November 2020. Tujuan dari diadakan Hari Menanam Pohon Indonesia adalah untuk memulihkan kerusakan hutan dan lahan.

Dalam rangka menumbuhkan rasa mencintai lingkungan dengan menanam tanaman, pada Hari Menanam Pohon Indonesia ini, Wolipop sudah berbincang dengan empat orang yang hobi memelihara tanaman hias. Uniknya tanaman hias yang mereka miliki memiliki harga selangit hingga dijuluki tanaman hias sultan.

Salah satu pemilik tanaman hias sultan ini adalah Iqbal Akbar Muhammad. Dia sempat menghebohkan dunia maya ketika rela menukar mobil avanzanya dengan tanaman hias. Iqbal rupanya seorang kolektor sekaligus penjual tanaman hias di Kediri, Jawa Timur. Iqbal pun mengungkapkan alasannya kenapa sampai menukar mobil miliknya dengan tanaman hias.

"Kalau ditanya rela sih ya karena tanaman ini saya suka aja sih. Seneng aja nggak lebih," kata Iqbal ketika diwawancara Wolipop lewat telepon, Jumat (27/11/2020).

Iqbal Akbar Muhammad yang menukarkan mobil dengan tanaman hias bersama kakaknya.Iqbal Akbar Muhammad yang menukarkan mobil dengan tanaman hias bersama kakaknya. Foto: Dok. Instagram @iqbalxakbar

Kolektor tanaman hias sultan selanjutnya adalah Dirga yang mempunyai akun Instagram Dharma Jungle. Menurut Dirga, tak ada istilah tanaman sultan. Baginya semua tanaman diperlakuan sama, karena setiap tanaman mempunyai keunikannya sendiri. Ia sendiri sudah mengoleksi tanaman hias sejak 2017.

"Karena saya dulu beli tanaman yang saya suka bukan karena tren. Kalaupun sekarang harga tanaman yang saya punya itu menjadi mahal itu hanya persepsi saja," katanya.

Namun Dirga tak menampik beberapa tanaman hias miliknya kini berharga mahal. "Sekarang untuk jenis-jenis Anthurium dan Philodendron harganya sudah naik banget, mungkin hukum ekonomi berlaku ya, banyak demand, stock terbatas mengakibatkan harga yang naik. Contoh tanamam yang bener-bener naik itu salah satunya monstera. Zaman pertama kali saya mulai hobi ini harga monstera yang variegata hanya Rp 300-400 ribu per pot, sekarang sudah berkali-kali lipat," tuturnya.

Dirga kolektor tanaman hias sultanDirga kolektor tanaman hias sultan Foto: Dok.pribadi Dirga

Bagi para pecinta tanaman hias tentu sudah tak asing lagi dengan Nyonya Destira. Lewat akun Youtubenya, wanita yang akrab disapa Tya ini mengunggah beragai video tentang serba serbi tanaman hias.

Tya yang dikenal sebagai Nyonya Destira mengaku sudah menyukai tanaman sejak duduk di bangku SMP. Sebelum orang kini heboh mengoleksi tanaman hias, Tya sudah menyisihkan uang jajannya saat SMP untuk membeli tanaman.

"Wktu itu dikasihnya uang jajan mingguan. Nah uang jajannya dibeliin tanaman. Awalnya iseng pengen ngerawat tanaman eh malah jadi koleksi sampai sekarang walaupun sempat ada off nya juga," tutur ibu dua anak itu.

Mira Medyaningrum kolektor tanaman hias sultanMira Medyaningrum kolektor tanaman hias sultan Foto: Instagram @mira_medya

Kolektor tanaman hias berharga mahal berikutnya adalah Mira Medyaningrum. Mira mengaku awalnya menanam demi kesehatan. Karena letak rumahnya di pinggir jalan jadi dia mengoleksi tanaman hias untuk penghalang debu. Saat ini ia sudah mempunyai beragam jenis tanaman hias. Yang dulu harganya murah, tanaman hias miliknya kini harganya sudah selangit.

"Tanaman yang aku punya jenis-jenis Philodendron dan Monstera. Sekarang harganya bikin elus dada aja, dulu beli masih di bawah Rp 500 ribu, sekarang sudah jutaan harganya," ucapnya.

Bagaimana kisah para kolektor tanaman hias Sultan ini dalam merawat tanamannya? Simak liputan khusus Wolipop 'Tanaman Hias Sultan'

(gaf/eny)