Tanaman Hias Begonia Lagi Hits, Ini 7 Jenisnya untuk Mempercantik Rumah

Eny Kartikawati - wolipop Rabu, 25 Nov 2020 18:30 WIB
Begonias,semperflorens begonias,in the garden, potted begonia Jenis tanaman hias begonia. Foto: iStock
Jakarta -

Aneka jenis tanaman hias digandrungi di masa pandemi Covid-19 ini. Salah satu jenis tanaman hias yang tren di 2020 adalah Begonia.

Begonia adalah tanaman hias yang termasuk dalam keluarga tanaman berbunga Begoniaceae. Ada lebih dari 1.800 jenis tanaman hias Begonia di dunia ini.

Menurut Peneliti Begonia dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Hartutiningsih, Indonesia memiliki tumbuhan Begonia terlengkap di dunia. Bahkan, menurutnya ada beberapa jenis yang hanya ada di Indonesia dan tak ditemukan di belahan dunia mana pun.

Jenis Tanaman Hias Begonia

Dari ribuan jenis tanaman hias Begonia yang ada itu, beberapa di antaranya jadi tren dirawat pecinta tanaman hias belakangan ini. Seperti dikutip dari HaiBunda.com, berikut tujuh jenis tanaman hias Begonia:

1. Charm Begonia (Begonia semperflorens)

Sebagian besar tanaman hias Begonia memiliki bercak putih pada daunnya yang hijau. Tetapi varietas Charm Begonia memiliki bercak kuning cerah pada daun hijaunya dan memberikan efek psikedelik.

Begonia semperflorens red flowers with greenTanaman hias Begonia, Charm Begonia. Foto: iStock

Tanaman hias ini termasuk dalam kategori Begonia lilin yang memiliki akar serabut. Begonia jenis ini memiliki ukuran relatif pendek namun perkembangannya menyebar.

Untuk mempertahankan perkembangan warna pada dedaunannya, tanaman hias Charm Begonia butuh paparan sinar matahari yang teduh.

2. Solenia Dusty Rose Begonia (Begonia × tuberhybrida)

Kamu ingin memiliki tanaman hias bunga yang merah merona di halaman rumah? Tanaman hias Begonia yang satu ini cocok menjadi pilihan.

Numerous bright flowers of tuberous begonias (Begonia tuberhybrida) in garden.Tanaman hias Begonia. Foto: iStock

Tanaman hias Solenia Dusty Rose Begonia memiliki bunga berwarna merah yang mekar di ujung batang dari pertengahan musim semi hingga pertengahan musim gugur. Daunnya segar dan berbentuk hati.

Varietas ini membutuhkan lebih banyak sinar matahari daripada varietas lainnya. Saat tumbuh, tanaman hias Begonia jenis ini bisa mencapai tinggi 15-30 cm.

3. Richmond Begonia (Begonia semperflorens)

Dedaunan Richmond Begonia berwarna hijau. Tanaman hias Begonia jenis ini dikenal juga dengan nama Begonia matahari, karena warna daunnya bisa seperti berubah dalam kondisi cahaya yang berbeda.

Bogota, Colombia - The Capital city of Colombia located at an altitude of about 8500 feet above mean sea level, creates the right climate for a variety of flowers. Image shows a healthy flower bed of red Begonias by the roadside in the morning sunlight. Image shot on mobile phone.Tanaman hias Begonia. Foto: iStock

Bagian bawah daun memiliki warna kemerahan yang membuatnya menjadi daya tarik tersendiri jika ditanam di pot gantung. Varietas tanaman hias ini jenis yang berakar serabut dan membutuhkan sinar matahari untuk tumbuh dengan baik. Pertumbuhan dari tanaman hias Begonia jenis ini juga terbilang besar, bisa mencapai tinggi 45 hingga 60 cm.

Apalagi jenis tanaman hias Begonia yang bisa mempercantik rumah? KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA.



Simak Video "Awasi Tanaman Hiasmu dari Pencuri"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)