Apa Itu Thanksgiving? Begini Sejarah dan Tradisinya

Tim Wolipop - wolipop Kamis, 26 Nov 2020 17:35 WIB
Baked chicken stuffed with rice for Christmas dinner on a festive table Foto: iStock/Apa Itu Thanksgiving? Begini Sejarah dan Tradisinya
Jakarta -

Thanksgiving adalah hari libur yang dirayakan di Amerika setiap tahun pada Kamis keempat bulan November.

Tahun 2020, berlangsung pada Kamis 26 November, sehari sebelum Black Friday pada 27 November.

Banyak orang menggunakannya sebagai hari untuk merenungkan hal-hal positif dalam hidup dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Hampir setiap orang mendapat satu atau dua hari libur sekolah atau kerja saat Thanksgiving. Hal itu menandai awal musim liburan Natal.

Dilansir BBC, sejarah hari Thanksgiving yakni ketika orang Eropa melakukan perjalanan untuk memulai hidup baru di Amerika.

Pada tahun 1621 sekelompok orang Eropa, yang kemudian dikenal sebagai 'Pilgrims', mengundang penduduk asli Amerika untuk bergabung dengan mereka dalam sebuah pesta.

Pesta juga dilakukan sebagai ucapan terima kasih para 'perantau' pada warga asli Amerika. Para 'perantau' telah dibantu menanam cukup makanan untuk dimakan.

Dilansir The Week, pada tahun 1863, selama Perang Saudara Amerika, Abraham Lincoln memproklamasikan Hari Thanksgiving nasional diadakan setiap tahun pada hari Kamis terakhir bulan November.

Pada tahun 1939, Franklin D. Roosevelt memindahkan tanggal itu ke Kamis ketiga setiap bulan. Hal itu dalam upaya memberi waktu yang lebih lama untuk menjual barang untuk Natal. Pada tahun 1941, Kongres mengeluarkan undang-undang yang mengubahnya kembali pada Kamis keempat bulan November.

Lalu Apa Tradisi Thanksgiving?

Saat ini kebanyakan orang makan besar bersama semua keluarga mereka saat Thanksgiving. Mereka makan kalkun besar dan ini telah menjadi tradisi karena diperkirakan bahwa para 'perantau' mungkin makan kalkun saat pesta Thanksgiving pertama.

Tetapi jika kalkun bukan makanan Anda, ada banyak acara lain untuk merayakan Thanksgiving. Ada parade terkenal melalui New York City, banyak pertandingan sepak bola Amerika di TV dan presiden Amerika bahkan memotong satu kalkun setiap tahun untuk makan malam perayaan Thanksgiving.



Simak Video "Dampak Pandemi, Black Friday di Amerika Serikat Sepi"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)