Ini Makanan Ikan Cupang Agar Sehat dan Cepat Besar, Jangan Salah Beli

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 21 Okt 2020 13:54 WIB
Red Blue halfmoon fighting fishs in wine glass Ilustrasi makanan ikan cupang. Foto: Getty Images/iStockphoto/artpritsadee
Jakarta -

Buat kamu yang baru memelihara ikan cupang, perhatikan makanan ikan cupang agar hewan tersebut tidak cepat mati. Berikut kata pakar soal makanan terbaik untuk ikan cupang.

Wildan Nurussalam, S.Pi., M.Si., dosen jurusan Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya, Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor memberikan saran soal makanan ikan cupang agar sehat dan cepat besar. Berikan ikan cupang makanan yang memiliki nilai gizi tinggi sehingga menunjang pertumbuhannya.

Wildan mengatakan makanan ikan cupang yang baik bisa berasal dari jenis pakan alami atau pakan buatan. Hanya saja makanan ikan cupang alami memiliki lebih banyak keunggulan yang buatan.

Kelebihan makanan ikan cupang alami di antaranya dapat membuat ikan cupang bergerak mengejar makanannya karena lebih menarik dan tidak merusak kualitas air. Kedua keunggulan itu tidak dimiliki makanan ikan cupang buatan pabrik.

Tren memelihara ikan cupang saat ini berdampak pada bisnis jual beli ikan cupang. Di Kuningan, Jabar misalnya penjual ikan cupang mengalami peningkatan omzet.Ilustrasi makanan ikan cupang. Foto: Bima Bagaskara

Makanan Ikan Cupang Alami

Ada banyak makanan ikan cupang alami yang dijual di toko penjual ikan cupang. "Makanan ikan cupang berupa jentik nyamuk, cacing sutra, kutu air, kuning telur, artemia, dan boldworm," demikian kata Wildan saat dihubungi Wolipop via pesan singkat baru-baru ini.

Frekuensi Pemberian Makanan Ikan Cupang

Selain jenis makanan ikan cupang, yang juga perlu diperhatikan adalah waktu pemberian makanan tersebut. Berapa kali sebaiknya memberi makan ikan cupang?

Penjual ikan cupang Scorphy Novanlized mengatakan, jangan terlalu sering memberi makan ikan cupang dalam sehari. Ikan cupang jika terlalu banyak diberi makan malah akan sakit.

"Nanti ada sakit yang tidak bisa pup namanya dropsy (sisik nanas). Penyakit yang paling ditakutin sama pecinta cupang," ujar pria yang berjualan ikan cupang sejak 2018 itu kepada Wolipop.

Frekuensi ideal memberi makanan ikan cupang adalah dua kali sehari. "Sehari sekali juga aman," kata pria yang akrab disapa Opi itu.

Pelaku usaha budi daya ikan cupang mendapatkan berkah di tengah pandemi COVID-19. Dalam sehari bisa meraup keuntungan hingga Rp 1 juta lebih.Ilustrasi makanan ikan cupang. Foto: Dian Utoro Aji

Opi memberikan saran untuk kamu pemelihara ikan cupang yang ingin hewan peliharaannya cepat besar dan sehat. Menurutnya makanan ikan cupang berupa udang mentah juga baik untuk ikan tersebut.

"Pakai udang-udangan mentah yang dicuci bersih, lalu dicacah kecil-kecil banget sesuai ukuran mulut ikan. Itu pun tidak bisa banyak-banyak secukupnya saja. Udang bisa merusak kondisi air kalau tersisa tidak dimakan oleh ikan cupang," tutupnya.

Bagaimana ? Kamu sudah tahu cara memberikan makanan untuk ikan cupang agar cepat besar dan sehat. Selamat mencoba!



Simak Video "Pesona Jihane Almira yang Masuk Nominasi Wanita Tercantik di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)