6 Manfaat Pelihara Ikan Hias Cupang, Bikin Akhir Pekan Rileks

Lukita Wardani - wolipop Sabtu, 15 Agu 2020 12:00 WIB
ikan cupang sekarat Manfaat memelihara ikan hias cupang. Foto: iStock
Jakarta -

Apa manfaat pelihara ikan hias cupang? Akhir-akhir ini orang mulai menyukai memelihara ikan hias, salah satunya ikan cupang. Tren memelihara ikan cupang memang sudah ada sejak beberapa tahun silam hanya saja kini mulai naik kembali. Ditambah artis catik Gisella Anastasia juga mempunyai hobi baru mengoleksi ikan cupang.

Dalam merawat ikan cupang atau ikan hias lainnya menurut Krista Keller, seorang dokter hewan di Rumah Sakit Pendidikan Hewan Universitas Illinois di Urbana, Amerika Serikat, yang merupakan spesialis bersertifikat dalam pengobatan zoologi, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Apa saja yang harus kamu perhatikan? Di antaranya adalah tempat ikannya, temperatur air, waktu makan, perasaan ikannya apakah kesepian atau tidak. Karena ikan cupang merupakan ikan hias yang spesial atau biasa disebut 'ikan petarung'.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, berikut penjelasan dari manfaat memelihara ikan cupang atau ikan hias lainnya:

1. Memberikan Kesejukan Saat Melihatnya

Manfaat pertama memelihara ikan hias seperti cupang adalah membuat orang merasakan kesejukan saat melihatnya. Mengapa? Karena air membawa kesejukan bagi siapapun, Dan gerakan ikan hias di akuarium atau kolam dapat membuat kamu seperti ada di dalam air.

2. Membersihkan Pikiran dan Menetralkan Perasaan

Manfaat pelihara ikan hias cupang dapat menjernihkan pikiran dan menetralisirnya. Ini sangat terkait dengan kesehatan mental, misalkan saja saat merasa bosan atau stres, cobalah untuk melihat ikan hias warna-warni yang sedang berenang dalam air di akuarium di waktu akhir pekan. Hal tersebut dapat menjadi salah satu pelarian dari pikiran kamu serta hiburan yang murah. Gerakan alami ikan yang mengalir dengan tenang akan mengendurkan saraf sehingga terasa damai, membenamkan hati dan pikiran menuju kebahagiaan dan menjadi obat stres yang manjur.

3. Memberikan Inspirasi dan Ide

Sambil melihat ikan hias seperti cupang berenang dengan tenang dapat menciptakan kedamaian. Itulah mengapa inspirasi dan ide akan muncul selain itu juga memicu kreativitas dalam melakukan sesuatu.

ikan cupang termahalIkan cupang termahal Foto: iStock

4. Menambah Hobi dan Menghasilkan Keuntungan

Memelihara ikan hias seperti cupang juga menambah hobi baru bagi penggemarnya serta keuntungan bagi para pemelihara ikan yang sudah mahir merawatnya. Mengapa? Pemelihara ikan yang terampil harus sudah mengetahui cara membudidayakan ikan. Semakin banyak ikan berkembang biak semakin banyak keuntungan yang didapat saat menjualnya kepada orang lain.

5. Menambah Keindahan Ruangan

Memelihara ikan hias seperti cupang atau lainnya di akuarium atau kolam juga bisa menambah keindahan ruangan. Dengan aksesori menarik dan lampu berwarna cerah serta ditambah air mancur untuk kolam maka kamu tidak akan pernah merasa jenuh saat berada di ruangan tersebut.

6. Membantu Melestarikan Alam

Memelihara ikan hias juga turut menjaga kelestarian alam. Karena maraknya eksploitasi laut dan ikan, inilah salah satu cara ampuh untuk membantu menjaga kelestarian alam kita kembali.

Bagaimana buat kamu yang sudah mencoba hobi ini, apakah sudah merasakan manfaat pelihara ikan hias seperti cupang?



Simak Video "Tips Potong Rambut Anak Tanpa Rewel"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)