Tren Pelihara Ikan Cupang

5 Cara Merawat Ikan Cupang Agar Tidak Mudah Mati dari Dosen IPB

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 19 Okt 2020 17:30 WIB
Scorphy Novanlized yang menjual berbagai jenis ikan cupang Ilustrasi cara merawat ikan cupang agar tidak mudah mati. Foto: Instagram @cimanggisbettfarm.
Jakarta -

Ikan cupang atau betta splendens merupakan salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu lama. Sehingga apabila ikan tersebut ditempatkan di wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara atau aerator, ikan ini masih dapat bertahan hidup. Meski dikenal sebagai ikan yang mudah dirawat, ikan cupang juga bisa mudah mati jika tak dipelihara dengan baik.

Bagi kamu yang baru mulai memelihara ikan cupang, wajib mengetahui cara merawat ikan cupang yang baik dan benar agar tidak mudah mati. Wolipop berbincang dengan Wildan Nurussalam, S.Pi., M.Si., dosen jurusan Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya, Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor untuk mencari tahu bagaimana caranya agar ikan cupang tidak mudah mati.

1. Jaga Kualitas Air Agar Ikan Cupang Tak Cepat Mati

Dosen IPB Wildan Nurussalam mengatakan cara utama dalam merawat ikan cupang adalah menjaga kualitas air agar tetap baik. Hal ini karena ikan hias sangat sensitif terhadap perubahan kualitas air. Pada ikan cupang kondisi kualitas air yang rentan menyebabkan stres adalah perubahan pH air yang terjadi secara mendadak. pH air yang optimum untuk menghindarkan ikan cupang dari stres yaitu pada rentang nilai 6-7 dan bersuhu 24-25 derajat celcius.

"Salah satu cara untuk menjaga nilai pH air tetap stabil pada kondisi yang diinginkan yaitu dengan ditambahkan daun Ketapang yang sudah dikeringkan atau pun yang sudah dibuat ekstraknya," ujar Wildan saat diwawancara Wolipop via WhatsApp, Minggu (18/10/2020).

Karena ikan cupang biasanya dipelihara pada wadah akuarium atau toples yang jumlah airnya tidak terlalu banyak, maka jumlah air perlu diperhatikan. Jangan sampai ikan cupang kekurangan air karena air yang menguap. Apabila terjadi penguapan harus segera dilakukan penambahan air. Pergantian air yang baik dapat dilakukan setiap 3-4 hari sekali melihat dari kondisi air yang ada pada wadah pemeliharaan.

Ikan cupang koleksi Gisella AnastasiaIkan cupang koleksi Gisella Anastasia. Foto: Youtube Gisella Anastasia

2. Makanan Ikan Cupang

Pemberian pakan secara teratur diperlukan untuk menjaga metabolisme ikan cupang. Pakan yang memiliki nilai gizi sesuai dengan kebutuhan akan mampu menunjang pertumbuhan dan perkembangan ikan cupang.

Menurut Wildan, pakan yang baik untuk ikan cupang dapat berasal dari jenis pakan alami ataupun pakan buatan. Pakan alami memiliki keunggulan dapat bergerak dan menarik ikan cupang untuk mengejar makanannya. Pakain alami juga tidak cepat merusak kualitas air apabila tidak termakan dalam satu waktu oleh ikan. Keunggulan ini tidak dimiliki oleh pakan buatan.

Akan tetapi pakan buatan kandungannya dapat disesuaikan dengan keinginan pembuat sehingga dapat langsung disesuaikan dengan tujuan tertentu. Misalnya untuk mempercepat pertumbuhan, memunculkan warna pada ikan, serta pempercepat pematangan gonad ikan.

3. Pencegahan Penyakit

Cara agar ikan cupang tidak cepat mati karena sakit, lakukan pencegahan dengan memberikan beberapa bahan ke dalam wadah pemeliharaan. Wildan menyarankan menambahkan garam ikan ke dalam air untuk mengurangi stres pada ikan. Hal itu dapat menyamakan tekanan osmotic antara ikan dengan air media pemeliharaan. Garam juga dapat membunuh bakteri ataupun mikroorganisme air tawar yang dapat menyebabkan penyakit pada ikan cupang yang dipelihara.

Pencehagan juga dapat dilakukan dengan pemberian obat anti jamur pada air pemeliharaan. Cara ini bertujuan apabila pada air terdapat jamur dapat dimatikan sebelum menyerang ikan cupang.

Ikan cupangIkan cupang. Foto: Dok. Cice Lu'luil Maknun.

4. Agar Ikan Cupang Tidak Mati Ganti Air 2 Kali Seminggu

Jika kamu ingin ikan cupang bisa tetap sehat dan ekornya cantik, Wildan menyarankan mengganti air dua kali seminggu. Kemudian pindahkan ikan tanpa menyentuhnya secara langsung dengan tangan.

Jika ingin ikan cupang bisa cepat tumbuh besar, kamu bisa melakukan pergantian air serta pengaturan kualitas air yang sesuai dengan kondisi ikan cupang. Dan pastinya lakukan pemberian pakan yang teratur dengan kualitas yang baik.

5. Pertolongan Pertama Pada Ikan Cupang

Jangan panik ketika melihat ikan cupang kesayangan kamu sedang sakit. Wildan menjelaskan penanganan yang tepat untuk menangani ikan yang hampir mati, pertama, perhatikan apa yang menjadi faktor ikan tampak sekarat.

"Jika terdapat luka segera teteskan obat pada air atau ganti air atau taburkan garam pada air pemeliharaan," ujar Wildan.

Selain itu agar ikan cupang tumbuh sehat dan cantik, kamu harus memperhatikan pemilihan akuarium, pergantian air akuarium, penjemuran akuarium, pemberian pakan, dan penggunaan daun ketapang.

Itulah lima saran Dosen IPB mengenai cara agar ikan cupang tidak mudah mati. Selamat mencoba ya bagi kamu yang mulai hobi memelihara ikan cupang.

Scorphy Novanlized yang menjual berbagai jenis ikan cupangJenis ikan cupang. Foto: Instagram @cimanggisbettfarm.

(gaf/eny)