Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 19 Okt 2020 19:00 WIB
Foto Ikan cupang. Foto Ikan cupang. Foto: Dok. Instagram @cimanggisbettafarm.
Jakarta -

Ikan cupang mempunyai tampilan yang indah yang membuat banyak orang kecanduan memeliharanya. Namun penampilan ikan ini juga tergantung jenis kelaminnya, apakah ikan cupang jantan atau ikan cupang betina. Perbedaan ikan cupang jantan dengan betina secara penampilan adalah secara penampilan tubuhnya lebih langsing.

Selain dari bentuk tubuhnya, cara membedakan ikan cupang jantan dan betina juga bisa dilihat dari bentuk sirip, gerakannya dan coraknya. Wolipop berbincang dengan Wildan Nurussalam, S.Pi., M.Si., dosen jurusan Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya, Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor. dan juga penjual ikan cupang, Scorphy Novanlized untuk mengetahui lebih lanjut cara membedakan ikan cupang jantan dan betina.

Perbedaan Ikan Cupang Jantan dan Betina

Wildan menjelaskan jika ciri-ciri ikan cupang betina :

1. Terdapat sirip dorsal pendek.
2. Badan berbentuk oval.
3. Perut berisi telur.
4. Gerakan lebih lambat.

Perbedaan ikan cupang jantan (atas) dan betina (bawah). Dok. Instagram @cimanggisbettafarm.Perbedaan ikan cupang jantan (atas) dan betina (bawah). Foto: Dok. Instagram @cimanggisbettafarm.

Dan ciri-ciri ikan cupang jantan :

1. Tubuhnya ikan cupang jantan lebih langsing
2. Gerakan ikan cupang jantan lebih agresif atau lincah.
3. Ikan cupang jantan memiliki sirip dan ekor yang lebih lebar dan panjang.
4. Ikan cupang jantan memiliki warna yang lebih terang dan cerah ketimbang cupang betina.

Penjual ikan cupang Scorphy Novanlized menambahkan cara membedakan ikan cupang jantan dan betina juga bisa dilihat dari bentuk ekor dan dasinya. Ikan cupang jantan memiliki ekor yang lebih lebar dan panjang dibanding ikan cupang betina.

"Bagian dasinya ikan cupang jantan lebih panjang dari betina. Dan di bagian perut ikan cupang betina terlihat ada telur," ujar pria yang berjualan ikan cupang sejak 2018 itu.

Scorphy Novanlized yang menjual berbagai jenis ikan cupangScorphy Novanlized yang menjual berbagai jenis ikan cupang. Foto: Instagram @cimanggisbettfarm.

Cara membedakan ikan cupang jantan dan betina berikutnya menuru pria yang akrab disapa Opi adalah dengan melihat warnanya. Ikan cupang betina biasanya berwarna lebih kusam dan gelap. "Ikan cupang jantan warnanya biasanya lebih strong," ujar Opi.

Selain dari bentuk ekor dan warna, jenggot juga bisa jadi cara membedakan ikan cupang jantan dan betina. Ikan cupang jantan memiliki jenggot atau jangut yang lebih besar dari betina. Bentuknya yang besar, janggut ikan cupang jantan ini tetap terlihat saat si ikan tidak mengembangkan insangnya.

Dan cara membedakan ikan cupang jantan dan betina berikutnya adalah dengan melihat perilakunya. Ikan cupang jantan dikenal sebagai ikan petarung sehingga akan berperilaku agresif dan kejam.

Scorphy Novanlized yang menjual berbagai jenis ikan cupangFoto ikan cupang. Foto: Instagram @cimanggisbettfarm.
(gaf/eny)