Tren Pelihara Ikan Cupang

Ini Jenis Ikan Cupang yang Harganya Mahal Menurut Pakar

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 18 Okt 2020 16:00 WIB
Scorphy Novanlized yang menjual berbagai jenis ikan cupang Jenis-jenis ikan cupang berharga mahal. Foto: Instagram @cimanggisbettfarm
Jakarta -

Memelihara betta splendens atau ikan cupang kembali diminati oleh masyarakat di tengah pandemi Corona ini. Ikan cupang pun kini mempunyai beragam jenis, dengan aneka bentuk dan warna. Soal harga, selain ada yang dijual murah di bawah Rp 10 ribu, ada juga ikan cupang dijual dengan harga jutaan rupiah. Sebenarnya apa yang membuat harga ikan cupang semakin mahal?

Menurut Wildan Nurussalam, S.Pi., M.Si. dosen jurusan Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya, Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor, ada dua hal yang menentukan harga ikan cupang. Seekor ikan cupang akan semakin mahal harganya ketika memiliki warna yang semakin menarik dan bentuk sirip menawan.

Hal serupa juga dikatakan penjual ikan cupang Scorphy Novanlized yang berjualan sejak 2018. Dikatakannya, semakin kuat warna ikan cupang, akan semakin mahal harga ikan cupang tersebut.

"Warnanya kuat atau strong, bentuk kepala seperti peluru, ekor lebar dan simetris semua, harganya bisa Rp 500 ribu sampai jutaan," kata pria yang berjualan ikan cupang via Instagram @cimanggisbettafarm itu saat berbincang dengan Wolipop. Dia juga mengatakan ikan cupang akan semakin mahal harganya ketika bisa diikutkan dalam kontes.

Dosen Teknologi Dan Manajemen Perikanan Budidaya, IPB, Bogor.Wildan Nurussalam, S.Pi., M.SiDosen Teknologi Dan Manajemen Perikanan Budidaya, IPB, Bogor.Wildan Nurussalam, S.Pi., M.Si Foto: Dok. pribadi

Dalam wawancara dengan Wolipop, dosen IPB Wildan Nurussalam, S.Pi., M.Si. memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai ikan cupang yang harganya mahal berdasarkan dua kategori yang jenis ikan cupang hias dan ikan cupang aduan:

Ikan Cupang Hias Akan Berharga Mahal Jika:

• Bentuk sirip dan ekor menjuntai panjang. Struktur tulang sirip dan ekor menunjukkan bentuk yang khas.

• Warna tubuh terang tidak kusam. Memiliki varian warna yang menarik dan variatif.

• Gerakkannya tenang, kibasan-kibasan siripnya menampakkan keanggunan.

• Bila melihat musuh atau sedang bercumbu, sirip dan ekornya terkembang sempurna menunjukkan bentuk yang khas.

Paradise Fish, macropodus opercularis, Aquarium FishesJenis ikan cupang. Foto: Getty Images/iStockphoto/slowmotiongli

Ikan Cupang Adu Akan Berharga Mahal Jika:

• Bentuk tubuh cupang adu terlihat kokoh. Lebar dan tinggi ikan mulai dari leher hingga ke ekor memiliki besar dan ketebalan yang sama. Hanya pada ujung ekor terlihat sedikit mengecil.

• Gerakannya agresif. Tidak lamban dan anggun seperti cupang hias.

• Ketika melihat musuh, sirip-siripnya mengembang penuh. Ini menandakan mental yang bagus untuk bertarung.

• Bibir tampak tebal dan kokoh. Mulutnya terkatup rapat tidak menganga. Bila dilihat dari atas, pada bibir bagian bawah terdapat bintik-bintik mencirikan gigi yang runcing.

Itulah berbagai jenis ikan cupang dengan harga mahal. Jadi apakah kamu termasuk yang memlihara ikan cupang mahal? Share cerita kamu di halaman komentar.



Simak Video "Digaji Rp 367 Juta, Ini Fasilitas Jadi Asisten Magang Ratu Elizabeth II"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)