Tren Pelihara Ikan Cupang

Tips Agar Ikan Cupang Tak Cepat Mati dari Gisel yang Ketagihan Punya Cupang

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 18 Okt 2020 17:30 WIB
Ikan cupang koleksi Gisella Anastasia Gisella Anastasia berbagi tips agar ikan cupang tidak cepat mati. Foto: Dok. pribadi Gisella
Jakarta -

Pandemi Corona membuat Gisella Anastasia menemukan hobi baru yang membuatnya ketagihan yaitu memelihara ikan cupang. Punya banyak ikan cupang, Gisella pun berbagi tips agar ikan cupang tak cepat mati.

"Macam-macam caranya menyelamatkan ikan yang lagi sakit, terngantung ikannya sakitnya seperti apa. Kebanyakan dikasih obat biru atau tonic obat ikan kuning dan ekstra ketapang. Tapi ada juga yang sakitnya kayak pencernaannya, namanya sisik nanas. Perutnya gendut, sisiknya kayak keluar-keluar,dia gak bisa pup itu susah. Ada sih obatnya di internet biasanya sellernya punya namanya sendiri. Cuma ya tinggal doanya aja karena kalau sudah sakit itu agak susah sembuhnya," tuturnya saat berbincang dengan Wolipop lewat telepon, Kamis (15/10/2020).

Gisella yang punya puluhan ekor ikan cupang di rumahnya, benar-benar serius dalam merawat hewan peliharaannya tersebut. Dia cukup paham bagaimana agar ikan cupangnya tak cepat mati. Menurut mantan istri Gading Marten itu, kondisi air yang baik ikut menentukan apakah ikan cupang bisa hidup lama atau tidak.

"Pastikan airnya nyaman untuk ikan, kadar PH airnya seimbang. Jangan pakai air PAM. Kalau air PAM sesak banget karena ada kaporitnya. Kalau memang harus air PAM harus ada penawarnya gitu. Paling simpel ya pakai air kemasan isi ulang karena paling netral buat dia. Tinggal dikasih garam ikan selesai. Dan airnya jangan terlalu dingin, diganti yang rutin. Intinya jangan ada kotoran yang mengendap terlalu lama. Karena akan menjadi racun buat ikan itu sendiri. Kuncinya itu doang sebenarnya. Sama pokoknya ikan cupang sukanya sama daun ketapang. Cuma airnya jadi gelap dan tidak cantik lagi dilihat," ucap Gisella panjang lebar.

Ikan cupang koleksi Gisella AnastasiaIkan cupang koleksi Gisella Anastasia Foto: Youtube Gisella Anastasia

Serius memelihara ikan cupang, Gisella sampai membuat rak khusus untuk ikan-ikan tersebut. Dia merakit sendiri rak untuk koleksi ikan cupangnya yang jumlahnya sekitar 80 ekor.

"Aku yang beli langsung dan merakit sendiri. Terus pasangin sendiri, karena ini kan personal banget ya. Kalau nggak benar merawatnya kan sayang. Kalau ada apa-apa ngerasanya bersalah banget. Kalau merawat sendiri at least kan kita ngerti juga. Semakin ke sini, orang rumah juga pintar dan mengerti. Kalau cuma ganti air, sudah bisa minta tolong," ucapnya antusias.

Kata Gisella, putrinya, Gempita atau Gempi juga sangat senang dengan ikan cupang. Namun belakangan Gempi malah memarahinya karena terus membeli ikan cupang.

"Dia bilang 'mama udah ya jangan beli ikan cupang lagi'. Karena sudah kebanyakan malah dia yang sebel. Apalagi kita sekarang sudah punya kucing di rumah. Jadi kucingnya suka jahil, masukin jarinya ke wadah ikan yang di bawah, dimakan sih enggak cuma kan ribet aja bersihinnya dia jadi basah," kata Gisel seraya tertawa.

Cara Ternak Ikan Cupang ala Gisel

Selain paham seluk-beluk memelihara ikan cupang, Gisel juga belajar bagaimana cara berternak ikan cupang. Menurutnya berternak ikan cupang cukup sulit.

"Mereka itu nggak bisa dijadiin langsung gitu pasti nanti berantem. Mesti PDKT, gaya banget ya," ujar Gisel sambil tertawa.

Gisel melanjutkan, saat akan diternakkan, ikan cupang jantan dan betina ditaruh di dalam wadah yang sama. Di dalam wadah tersebut siapkan juga daun ketapang untuk tempat ikan cupang betina bertelur.

"Tapi pertamanya betinanya harus dikurung di dalam botol yang sudah dipotong atasnya gitu," jelasnya.

Ikan cupang koleksi Gisella AnastasiaIkan cupang koleksi Gisella Anastasia Foto: Youtube Gisella Anastasia

Setelahnya, selama satu malam, ikan cupang ditaruh di dalam wadah yang sama. Namun selama masa perkenalan itu, ikan cupang jantan dan betina itu tidak boleh dilepas terlalu lama di dalam satu air yang sama.

"Kalau sudah selesai mengeluarkan telurnya langsung diambil. Nanti anak ikannya itu yang jagain ikan jantan, itu juga jangan lama-lama malah nanti dimakanin semua anaknya. Begitu telurnya sudah menetas langsung dipindahin wadahnya yang lain," terang penyanyi jebolan Indonesian Idol itu.

Gisel mengaku, dia sendiri tak berani menambah jumlah ikan cupang di rumahnya. Dia tidak mau memiliki ikan cupang terlalu banyak agar bisa lebih mudah merawatnya.

Diakhir wawancara, Gisel memberikan pesan bagi kamu yang ingin mulai memelihara ikan cupang. Menurutnya, jangan langsung terburu-buru membeli banyak ikan cupang.

"Bagi yang baru mulai nanti kan berjalan dengan sendiri cocok atau tidak memelihara ikan cupang. Pelan-pelan aja jangan langsung grasak grusuk kayak aku nanti kaget dan kerepotan sendiri. Mungkin kamu bisa rawat sedikit dulu biar bisa merawatnya dengan baik. Daripada langsung banyak nanti malah kewalahan. Begitu ada yang sakit itu repot banget. Jadi take it easy, dinikmatin satu-satu cupangnya. Dan jangan terlalu emosi serta banyak baca-baca biar tahu seluk beluknya tentang ikan cupang," tutupnya.

Itulah cara agar ikan cupang tak cepat mati dan bagaimana berternak ikan cupang dari Gisella Anastasia. Semoga bermanfaat ya buat kamu yang juga baru mulai hobi memelihara ikan cupang.



Simak Video "Masya Allah, Salon Ini Tawarkan Cukur Gratis bagi Anak Yatim"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)