Tren Pelihara Ikan Cupang

Ini 7 Jenis Ikan Cupang yang Banyak Dipelihara di Indonesia

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 17 Okt 2020 16:01 WIB
Scorphy Novanlized yang menjual berbagai jenis ikan cupang Jenis-jenis ikan cupang. Foto: Instagram @cimanggisbettfarm
Jakarta -

Kamu tentu sudah tak asing dengan ikan satu ini. Ikan ini bisa dengan mudah di temukan di berbagai pasar tradisional maupun pasar ikan hias. Yap, ikan cupang! Selama pandemi Corona ini berbagai jenis ikan cupang dipelihara oleh masyarakat untuk mengisi kegiatan selama di rumah saja.

Ikan cupang atau dalam bahasa Inggris betta splendens, adalah ikan air tawar yang habitat asalnya ada di beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Vietnam. Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Perkembangan variasi ikan cupang dilihat dari segi bentuk dan warna terbilang pesat dalam beberapa generasi terakhir.

Menurut Wildan Nurussalam, S.Pi., M.Si. dosen jurusan Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya, Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor, ada beberapa jenis ikan cupang yang dikenal di Indonesia sekarang ini. "Ada halfmoon, crown tail, double tail, paradise, veil tail, cupang slayer, spade tail , over halfmoon, dumbo ear atau big ear, snakehead," ungkap Wildan kepada Wolipop, Jumat (16/10/2020).

Sementara itu menurut penjual ikan cupang bernama Scorphy Novanlized, kini ada jenis ikan cupang jenis baru yang sedang populer dan mahal harganya. Pria yang berjualan ikan cupang sejak 2018 itu menyebutkan jenis ikan cupang baru itu bernama avatar gold cooper.

"Sekarang jenis avatar gold cooper lagi mahal karena strain terbaru. Ada juga jenis multycolor sama black series," ujar Scorphy.

Berikut jenis-jenis ikan cupang yang banyak dipelihara dan dijual di Indonesia:

- Ikan cupang halfmoon merupakan jenis ikan cupang yang memiliki ciri khas siri lebar dengan bentuk seperti bulan sabit.

Paradise Fish, macropodus opercularis, Aquarium Fishesikan cupang halfmoon Foto: Getty Images/iStockphoto/slowmotiongli

- Ikan cupang crown tail dikenal juga dengan nama ikan cupang serit. Ciri khas ikan cupang crown tail adalah siripnya yang berbentuk seperti duri.

Paradise Fish, macropodus opercularis, Aquarium Fishesjenis ikan cupang Foto: Getty Images/iStockphoto/slowmotiongli

- Ikan cupang double tail disebut sebagai ikan cupang yang langka. Ikan cupang double tail memiliki sirip yang lebar dan lebat.

Paradise Fish, macropodus opercularis, Aquarium Fishesjenis ikan cupang Foto: Getty Images/iStockphoto/slowmotiongli

- Ikan cupang paradise atau ikan cupang surga memiliki tubuh yang kecil. Ciri khas ikan cupang paradise adalah ekornya yang seperti terbelah.

Paradise Fish, macropodus opercularis, Aquarium Fishesjenis ikan cupang. Foto: Getty Images/iStockphoto/slowmotiongli

- Ikan cupang slayer adalah ikan cupang hasil persilangan ikan crown tail dan halfmoon. Ikan cupang slayer memiliki sirip yang lebar hingga melebihi badannya.

Paradise Fish, macropodus opercularis, Aquarium Fishesjenis ikan cupang. Foto: Getty Images/iStockphoto/slowmotiongli

- Ikan cupang dumbo ear dikenal juga dengan nama ikan cupang big ear. Sesuai namanya ikan cupang dumbo ear memiliki sirip yang sangat lebar seperti sayap.

Paradise Fish, macropodus opercularis, Aquarium Fishesjenis ikan cupang. Foto: Getty Images/iStockphoto/slowmotiongli

- Ikan cupang snakehead memiliki nama lain ikan betta channoides atau ikan cupang kepala ular. Seperti namanya, ikan cupang ini memiliki kepala seperti ular. Ikan cupang jenis ini sering menang perlombaan karena warnanya yang sangat menarik.

Dari berbagai jenis ikan cupang tersebut, mana yang sudah kamu pelihara?



Simak Video "Digaji Rp 367 Juta, Ini Fasilitas Jadi Asisten Magang Ratu Elizabeth II"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)