5 Cara Membersihkan Sneakers Putih agar Kembali Seperti Baru

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 24 Sep 2020 16:48 WIB
stinky hiking boot.Process of cleaning shoes Ilustrasi sneakers putih. Foto: iStockphoto
Jakarta -

Memiliki sneakers putih seringkali membuatmu harus lebih berhati-hati saat memakai dan menyimpannya. Namun seiring berjalannya waktu, sepatu putih yang kamu miliki bisa terlihat kusam, terutama jika sering memakainya.

Untuk itu, kamu perlu membersihkannya agar bisa terlihat putih bersih kembali. Bagaimana cara membersihkan sneakers putih agar kembali seperti baru?

Agar proses pembersihan sepatumu bisa terasa lebih mudah, kamu bisa menggunakan beberapa bahan-bahan yang bisa kamu temukan dengan mudah di rumah. Seperti dikutip dari Bright Side, berikut ini 5 trik jitu memutihkan sepatu yang sudah kusam.

1. Soda Kue dan Cuka Putih

Agar sepatu putihmu bisa kembali bersih, kamu bisa menggunakan campuran soda kue dengan cuka putih dan air panas. Ketiga campuran itu dipercaya dapat menghilangkan sebagian besar noda-noda pada sepatu putihmu. Caranya mudah, dengan mencampurkan 1 sendok makan dari masing-masing bahan, yaitu soda kue, cuka putih, dan air panas hingga menjadi seperti pasta. Selanjutnya aplikasikan pasta dari campuran tersebut menggunakan sikat gigi ke sepatu yang ingin kamu bersihkan. Biarkan pasta meresap selama 3 atau 4 jam di bawah sinar matahari. Jika sudah, kamu hanya perlu menepuk-nepukkan sepatu untuk membuang sisa-sisa dari pasta kue tersebut.

2. Cara Membersihkan Sneakers Putih dengan Pasta Gigi

Selain dapat membersihkan dan memutihkan gigi, ternyata pasta gigi juga bisa digunakan untuk membersihkan sneakers putih. Pasta gigi bisa menjadi salah satu trik untuk memutihkan sepatu yang kusam, terutama jika sepatumu terbuat dari bahan yang halus dan tidak bisa menggunakan bahan-bahan pembersih yang terlalu keras. Caranya mudah, hanya dengan menggosok bagian sepatu yang terkena noda dengan pasta gigi hingga nodanya hilang. Jika sudah, diamkan sekitar 15 menit kemudian bersihkan dengan menggunakan kain yang lembap atau spons bersih.

3. Garam Kasar dan Sabun Cair

Garam kasar dan sabun cair juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noda-noda yang membandel di sepatu kets putihmu. Kamu bisa memulainya dengan menggosok sepatu menggunakan sikat kering. Gosok bagian dalam dan juga luar sepatu untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada kain. Jika sudah, lanjutkan dengan menggosoknya menggunakan sekitar 150 gram garam kasar dan diamkan sekitar satu jam. Setelahnya cuci dengan air dingin dan sabun cair untuk membersihkannya. Jika sudah, keringkan dan sepatumu sudah siap untuk dipakai kembali.

4. Soda Kue dan Deterjen

Jika sepatu yang kamu punya memiliki tali, maka lepas tali sepatu terlebih dahulu. Setelah tali sepatu sudah disisihkan, rendam sepatu dan talinya itu ke dalam air hangat. Jangan menggunakan air yang terlalu panas karena justru dapat membuat noda pada kain akan lebih sulit dihilangkan. Jika sudah, masukkan campuran soda kue dan deterjen ke dalam air rendaman. Gosokkan campuran tersebut ke bagian sepatu yang ingin dibersihkan dengan menggunakan sikat lembut. Jika sudah, bersihkan dengan merendamnya kembali ke dalam air bersih, lalu keringkan.

5. Perasan Air Lemon

Perasan air lemon memang sudah terkenal dengan kemampuannya untuk membersihkan noda dan menghilangkan bau. Kamu juga bisa menggunakan perasan air lemon untuk memutihkan kembali sepatu ketsmu yang sudah kusam dan bernoda. Caranya mudah, hanya dengan mencampurkan air dan perasan jeruk lemon dengan perbandingan 3 untuk air dan 1 untuk air lemon. Jika sudah, gunakan campuran tersebut untuk membersihkan dan menggosok sepatumu. Setelahnya bilas dan keringkan.

Demikian cara membersihkan sneakers putih agar kembali seperti baru. Bahan-bahannya pun bisa kamu temukan di rumah.

(vio/vio)