Jarang Dibersihkan, 5 Spot Rumah Ini Bisa Jadi Sarang Kuman

Abu Ubaidillah - wolipop Jumat, 14 Agu 2020 21:12 WIB
bersih-bersih rumah Foto: shutterstock
Jakarta -

Membersihkan rumah merupakan sebuah kewajiban. Mengapa? Sebab, rumah yang bersih, kesehatan penghuni di dalamnya pun akan terjaga. Rumah yang kotor bisa menjadi sarang kuman dan bakteri sehingga menyebabkan penghuninya mudah sakit.

Namun tanpa disadari, beberapa spot di dalam rumah jarang dibersihkan sehingga menyebabkan debu dan kotoran menumpuk serta menjadi sarang kuman dan bakteri. Area mana saja itu? dilansir dari US News, berikut adalah beberapa spot di rumah yang sering lupa untuk dibersihkan.

1. Tirai

Saat membersihkan rumah, jangan pernah lupa untuk membersihkan tirai. Banyak orang fokus ke lantai atau bagian bawah saat membersihkan rumah dan lupa membersihkan area sekitar dinding dan atasnya. Untuk membersihkan tirai bisa dilakukan dengan mesin cuci, lalu dijemur sebelum dipasang kembali.

2. Kusen pintu

Kusen pintu juga menjadi spot yang jarang dibersihkan, terutama di bagian atas karena posisinya tak terlihat. Debu dapat menumpuk pada area tak terjangkau tersebut. Gunakan kemoceng atau kain lembut untuk menyeka bagian atas, samping, dan seluruh permukaan kusen pintu dari debu dan kotoran.

3. Di bawah peralatan

Pembersihan area belakang lemari es atau bawah kompor juga sering dilupakan. Ini membuat debu dan kotoran banyak menumpuk di area tersebut, bahkan sisa-sisa makanan juga mungkin ada di spot ini. Cobalah sekali-kali bersihkan dengan penyedot debu, lalu seka dengan lap basah dan sabun. Lakukan juga di bawah peralatan lainnya seperti oven, rak piring, dan lain-lain.

4. Tong sampah

Membuang sampah tak selalu menghilangkan bau tidak sedap saja. Kadang, sisa makanan atau sampah dapat tertinggal di tempat sampah dan menyebabkan bau busuk. Sesekali, cobalah gosok tong sampah secara menyeluruh, bilas dengan selang atau air dan semprotkan disinfektan untuk menjaga kebersihannya.

5. Saklar lampu dan gagang pintu

Dua benda ini sering dipegang setiap hari, bahkan hingga puluhan kali. Pastikan Anda membersihkannya secara teratur untuk menghindari penyebaran dari kuman dan bakteri.

Itulah beberapa spot di dalam rumah yang sering lupa untuk dibersihkan. Mulai sekarang, yuk lebih teliti lagi dalam membersihkan rumah, lakukan secara menyeluruh.

Bila ingin rumah Anda benar-benar bersih dari kuman dan bakteri, Anda juga bisa menggunakan jasa profesional dengan cara memesan melalui aplikasi Grab. Caranya tinggal buka fitur Grab Clean & Fix dan pilih Cleaning & Disinfektan, jasa pembersihan rumah dari profesional akan datang ke rumah Anda dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Tidak hanya itu, saat ini Grab Clean & Fix juga menawarkan promo diskon #YukRawatRumah. Anda bisa mendapatkan diskon Rp 10.000 dengan menggunakan kode promo RAWATRUMAH10 dan diskon Rp 15.000 (untuk transaksi minimal Rp 100.000) dengan kode promo RAWATRUMAH15.



Simak Video "Jalan-jalan Aman dengan Grab Wheels yang Dirindukan"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)