Tanaman Hias Monstera Si Janda Bolong, Ini Alasan Harganya Selangit

Tim detikcom - wolipop Selasa, 22 Sep 2020 15:59 WIB
monstera Foto: istimewa/Tanaman Hias Monstera Si Janda Bolong, Ini Alasan Harganya Selangit
Jakarta -

Tanaman monstera atau si janda bolong sedang viral dan populer. Harga tanaman hias cantik berdaun unik karena banyak bolongan ini terbilang spektakuler karena melangit. Dilansir stuff.co.nz, seorang ahli botani Auckland berhasil menjual tanaman monstera dengan harga hampir USD 5.000.

Penjual ini awalnya hanya berharap tanamannya itu bisa laku USD 2.000 dalam sebuah lelang di situs lelang Trade Me. Ternyata di luar dugaannya tawaran terakhir mencapai USD 4.930. Juru bicara Trade Me, Millie Silvester, membenarkan bahwa harga monstera itu merupakan yang tertinggi yang pernah dilelangnya.

Millie mengatakan saat ini ada 230 daftar tanaman monstera si janda bolong di situs tersebut termasuk monstera beraneka ragam dengan harga mulai dari USD 2.000. Umumnya tanaman monstera standar dijual seharga USD 20-USD60, tergantung ukurannya.

Dalam jurnal Institut Pertanian Bogor bertajuk 'Panen dan Penanganan Pascapanen Asparagus umbellatus, Monstera, dan Philodendron di Naaldwijk, Belanda Selatan, Belanda, karya Asti Kusriyanti dan Darda Efendi, disebutkan, monstera, si janda bolong atau Swiss cheese plant merupakan genus dari famili Araceae.

Tanaman MonsteraTanaman Monstera Foto: Getty Images/iStockphoto/iNueng

Kurang lebih terdapat 25 varietas Monstera. Jenis yang hits yakni Monstera deliciosa. Monstera memiliki daun yang lebar dengan pola bolong pada helaian, mengkilap, dan berwarna hijau pekat. Karena itulah tanaman ini disebut janda bolong. Selain hijau, tanaman ini ada juga yang berwarna putih kekuningan dari jenis variegata.

Popularitas si janda bolong ini meningkat tajam terutama di media sosial seperti Instagram. Pasalnya sejumlah selebgram dan influencer mengaku tertarik dengan tanaman tropis dari Amerika Tengah ini. Selain itu, beberapa kafe kekinian pun ikut memajang tanaman tersebut.

Salah satu alasan tanaman hias ini harganya selangit karena tergolong langka. Budidaya tanaman ini tergolong lama dan membutuhkan keahlian khusus. Sementara permintaan pada monstera terbilang tinggi karena tampilannya yang unik dan menarik.

Tanaman monstera si janda bolong, dapat tumbuh pada kondisi yang kurang cahaya dan dapat tumbuh di ruangan AC. Tanaman ini juga relatif tahan hama dan penyakit. Pemupukan dapat dilakukan sebulan sekali. Karena itulah tanaman ini kini lebih disukai.



Simak Video "Blush On Wardah, Membuat Wajah Cerah dan Segar"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)