Tanaman Hias Indoor Aglonema, Bisa Dipelihara Bareng Ikan Cupang

Rosmha Widiyani - wolipop Selasa, 04 Agu 2020 08:10 WIB
aglonema Foto: Istimewa/Tanaman Hias Indoor Aglonema, Bisa Dipelihara Bareng Ikan Cupang
Jakarta -

Para penyuka tanaman hias dan ikan cupang ternyata bisa melakukan hobinya sekaligus. Tanaman hias aglonema atau Chinese evergreen ternyata bisa dipelihara bersama ikan cupang yang nama lainnya adalah betta fish.

"Bagi yang ingin menggunakan tanaman hidup untuk dipelihara bersama ikan cupang, pastikan pilih yang aman. Pakis jawa (Java ferns) dan aglonema adalah dua tanaman yang bisa tumbuh bersama ikan cupang," tulis situs Gardening Know How dikutip detikcom pada Senin (3/8/2020).

Memelihara ikan cupang dan tanaman aglonema sekaligus bisa memberi penampilan yang berbeda pada dekorasi rumah. Dekorasi tentunya tidak merugikan pertumbuhan tanaman hias indoor aglonema dan ikan cupang.

Akar aglonema yang terendam dalam air memberikan ruang bagi ikan cupang untuk bereksplorasi, istirahat, atau ngumpet. Sebelum menggabungkan tanaman hias indoor aglonema dan ikan cupang, pastikan wadah yang digunakan tidak terlalu sempit. Wadah luas memungkinkan akar aglonema tumbuh dan ikan cupang berenang bebas.

Kemampuan adaptasi yang tinggi memungkinkan aglonema tetap tumbuh, meski akarnya terendam di air. Meski begitu sesekali tanaman harus dikeluarkan dari dalam rumah untuk mendapat cukup sinar matahari.

Selain itu, wadah atau akuarium yang digunakan untuk memelihara aglonema dan ikan cupang harus dibersihkan dengan teratur. Ujung-ujung akar yang tajam dan berisiko melukai atau membatasi gerak ikan cupang bisa sedikit dipotong.

Sebetulnya bukan aglonema yang bisa tumbuh sebagai tanaman hias indoor dengan akar di dalam air. Tanaman lain yang bisa dicoba adalah peace lily dan philodendron yang bisa bisa tumbuh dengan baik dan tidak rewel.

Dikutip dari Rolling Nature, tanaman hias indoor aglonema bisa membantu membersihkan udara di dalam ruangan. Peace lily dan philodendron juga memberi manfaat serupa yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan tubuh.



Simak Video "Jalan-jalan Aman dengan Grab Wheels yang Dirindukan"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)