10 Jenis Ikan Hias Populer yang Mudah Dipelihara

Niken Widya Yunita - wolipop Kamis, 23 Jan 2020 05:30 WIB
Foto: Istimewa/10 Jenis Ikan Hias Populer yang Mudah Dipelihara Foto: Istimewa/10 Jenis Ikan Hias Populer yang Mudah Dipelihara
Jakarta -

Memelihara ikan hias di akuarium menjadi pilihan untuk hobi hingga menghilangkan stres. Sebelum membeli ikan hias, ada baiknya mengetahui jenis ikan hias populer.

Jenis ikan hias yang akan dipelihara harus yang mudah. Apalagi saat ini model akuarium sudah semakin canggih sehingga untuk membersihkan air tidak perlu ribet.

Berikut ikan hias populer yang mudah dipelihara:


1. Ikan Mas Koki

10 Jenis Ikan Hias Populer yang Mudah Dipelihara10 Jenis Ikan Hias Populer yang Mudah Dipelihara Foto: (Cham Ais/Facebook)


Ikan koki atau maskoki (Carassius auratus) adalah jenis ikan air tawar yang berwarna cerah. Ciri khas ini ikan mas koki memiliki mata yang besar dan agak menonjol keluar.

2. Ikan Arwana

10 Jenis Ikan Hias Populer yang Mudah Dipelihara10 Jenis Ikan Hias Populer yang Mudah Dipelihara Foto: Istimewa


Ikan arwana (Sclerophages formous) memiliki banyak nama, seperti ikan naga, ikan payang, siluk, silok, kalikasa, kalasa dan khayangan. Ikan ini bertubuh besar dengan sisik yang mengkilat.

Ikan arwana merupakan salah satu ikan hias tercantik yang sangat digemari pecinta ikan hias. Warna yang sangat populer dan sering dicari oleh penggemarnya yaitu ikan arwana super red, ikan arwana silver, dan ikan arwana golden red. Untuk harga ikan arwana sangat bervariasi tergantung jenis warnanya. Untuk harganya, kisaran Rp 50.000. Ada juga ikan arwana dengan harga mahal yakni sampai jutaan rupiah.

3. Ikan Cupang

10 Jenis Ikan Hias Populer yang Mudah Dipelihara10 Jenis Ikan Hias Populer yang Mudah Dipelihara Foto: Kireina S. Cahyani/detikHealth


Ikan cupang (Beta splendens) memiliki bentuk badan yang memanjang dengan warna yang beraneka ragam yaitu coklat, hijau, merah, biru, kuning, abu-abu dan putih. Sirip ikan hias akuarium tanpa oksigen ini panjang menjuntai hingga terlihat seperti seluruh tubuh ikan tertutupi sirip yang berwarna-warni.

Ikan cupang tidak disarankan untuk berada dalam tempat yang sama dengan ikan cupang lainnya. Sebab ikan-ikan tersebut akan saling serang.

4. Ikan Guppy

10 Jenis Ikan Hias Populer yang Mudah Dipelihara10 Jenis Ikan Hias Populer yang Mudah Dipelihara Foto: Ristu Hanafi/detikcom


Ikan guppy banyak dipelihara karena memiliki keindahan warna dan bentuk siripnya. Salah satu ikan aquascape terbaik ini sangat cocok dipelihara dalam akuarium kecil dan tanpa oksigen di akuarium.

Untuk ukuran ikan guppy sekitar 2,3 cm-5 cm untuk ikan guppy jantan dan untuk ikan guppy betina bisa mencapai 4 cm-6 cm. Adapun jenis ikan guppy yang terkenal yaitu ikan guppy dragon, ikan guppy koi, ikan guppy dragon, dan ikan guppy cobra. Untuk harga kisaran 35 ribu hingga 45 ribu.


5. Ikan Louhan

10 Jenis Ikan Hias Populer yang Mudah Dipelihara10 Jenis Ikan Hias Populer yang Mudah Dipelihara Foto: Wikipedia


Ikan hias ini memiliki warna yang cantik dengan benjolan di kepala yang menjadi daya tariknya. Seringkali ikan louhan disebut sebagai ikan jenong.

Semakin besar benjolan yang ada, semakin tinggi pula nilai jual ikan ini. Jenis ikan louhan yang sering dipelihara yaitu ikan louhan kamfa, ikan louhan cencu, ikan louhan srd, dan ikan louhan bonsai.

Untuk harga, ikan louhan dewasa sangat mahal dengan dipatok hingga jutaan rupiah. Namun harga ikan louhan kecil masih murah.

Selanjutnya
Halaman
1 2