Tren Berkebun di Rumah

Kisah Jatuh Bangun Berkebun di Rumah: Tanaman Mati Hingga Diserang Hama

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 02 Agu 2020 13:00 WIB
Puti Andam sedang berkebun di rumahnya Ilustrasi berkebun di rumah. Foto: iStock
Jakarta -

Berkebun menanam sayuran di rumah menjadi kegiatan yang tren di tengah pandemi Corona. Mereka yang memiliki hobi berkebun ini berbagi suka dukanya berkebun di rumah.

Sylke Febrina Laucereno yang sudah menekuni hobi berkebun sejak awal 2019 sudah melalui berbagai kegagalan pada tanaman sayurannya. Paling sering, dia harus menghadapi hama tikus. Dan jika musim hujan tiba, muncul hama bekicot yang menggerogoti tanaman cabai miliknya.

"Selain hama tikus dan bekicot, ada beberapa pohon cabai kena hama kutu putih, daun-daunnya pada keriting," ceritanya saat dihubungi Wolipop, Rabu (26/7/2020).

Sylke berusaha mengatasi hama-hama pada tanamannya itu dengan membuat pestisida alami yaitu bawang putih yang dihancurkan lalu dicampur air dan disimpan di kulkas. Namun cara yang dilakukannya itu tetap tidak bisa mengatasi serangan hama yang jumlahnya banyak.

Tanaman di rumah SylkeTanaman di rumah Sylke Foto: Dok. pribadi Sylke.

"Akhirnya jalan terakhir aku pakai pestisida yang kimia. Banyak yang nyinyir jangan pakai pestisida kimia bisa bahaya nanti cabainya beracun. Orang-orang suka lupa padahal di dalam tubuhnya juga ada reaksi kimia supaya tetap hidup. Terus pohonnya sembuh, sekarang cabainya gede-gede. Orang yang komen itu, sekarang ikut-ikutan nanam dari adopsian pohon cabainya," ujarnya seraya tertawa.

Jatuh bangun berkebun juga dirasakan Renny Budiarti atau biasa disapa Rere yang sudah menanam sayuran di rumah sejak dua tahun belakangan. Ia sudah merasakan ketika tanamannya mati, tidak berbuah atau malah tidak tumbuh sama sekali.

Puti Andam sedang berkebun di rumahnyaPuti Andam sedang berkebun di rumahnya Foto: Dok. pribadi Puti Andam

"Kalau ada beberapa rintangan yang selalu terjadi dan masih belum bisa dikuasai, yang kadang bisa ngilangin kesabaran dan menyerah, ujung ujungnya bisa buat kita bosan dan berhenti menanam," jelasnya.

Puti Andam Dewi Oka yang baru menekuni hobi berkebun di rumah, tepatnya saat pandemi Corona merajalela di Indonesia, belum mengalami apa yang dirasakan Sylke dan Renny. Puti yang sedang gemar-gemarnya berkebun mengatakan tantangan yang dihadapinya saat ini adalah dari dirinya sendiri di mana dia jadi terlalu sering berbelanja tanaman.

"Palingan dimarain suami kalau belanja taneman mulu," kata Puti seraya tertawa.



Simak Video "Lagi #DiRumahAja, Cobain Berkebun Sayur di Lahan Sempit"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)