Tren Berkebun di Rumah

10 Tanaman Apotek Hidup dan Manfaatnya, Cocok Buat Berkebun di Rumah

Lukita Wardani - wolipop Sabtu, 01 Agu 2020 14:52 WIB
Aloe vera atau lidah buaya Lidah buaya, salah satu tanaman apotek hidup. Foto: iStock
Jakarta -

Pada masa pandemi corona ini semakin banyak orang yang memilih untuk menanam sayuran organik di rumahnya demi menjaga kesehatan dari asupan makanan berkualitas. Bukan hanya sayuran, tanaman apotek hidup juga menjadi pilihan untuk berkebun di rumah karena banyak sekali manfaatnya.

Berikut 10 tanaman apotek hidup dan manfaatnya untuk kesehatan:

1. Dandelion

Tanaman dandelion ini adalah diuretik yang terbukti manfaatnya dapat membantu proses detoksifikasi seluruh tubuh. Selain mengandung kalium, ada juga yang menjadikan dandelion untuk obat masalah usus, radang sendi. Daun dandelion juga membantu mengatur gula darah.

Kopi dandelionTanaman dandelion Foto: Istimewa

2. Rosemary

Pastinya sudah tidak asing dengan tanaman ini. Rosemary merupakan salah satu tanaman bisa dimakan. Menurut penelitian rosemary dapat membantu memperlambat penyakit alzheimer. Minyaknya secara alami juga bisa melawan bakteri dan jamur di tubuh juga rumah kamu. Selain itu rosemary juga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke otak.

Tanaman RosemaryTanaman apotek hidup Rosemary Foto: Getty Images/iStockphoto/serezniy

3. Lavender

Sejak zaman kuno klasik orang menggunakan lavender untuk sifat anti inflamasi dan antiseptik. Aroma terapi lavender sangat membantu mengurangi rasa cemas, migran, susah tidur dan depresi.

Lavender plant in a flowerpot.Tanaman apotek hidup lavender Foto: iStock

4. Lidah Buaya

Bertahun-tahun orang telah menggunakan tanaman lidah buaya untuk obat herbal luka bakar, luka atau infeksi ringan. Lidah buaya juga bagus untuk pencernaan dengan cara dibuat jus. Lidah buaya pun dipercaya untuk menutrisi rambut sehingga tidak mudah rontok.

tanaman lidah buayatanaman lidah buaya Foto: istimewa

5. Timi

Timi atau Thymus Citriodorus termasuk salah satu tanaman apotek hidup karena efek positif pada pencernaan anak-anak juga sifat antibiotik dan antijamurnya. Timi baik digunakan untuk penyembuhan luka ringan.

6. Seledri

Seledri merupakan tanaman diuretik yang bagus. Ekstrak bijinya dapat mengurangi tekanan darah juga menghasilkan efek penenang. Tapi hati-hati jangan konsumsi berlebih karena bisa menyebabkan fotodermatitis.

Fresh homegrown celery in home garden potTanaman seledri. Foto: Getty Images/iStockphoto/CoinUp

7. Bunga Matahari

Menurut Medical Horticultural Societ of Massachusetts, teh yang terbuat dari daun bunga matahari mengandung zat diuretik dan ekspektoran yang berfungsi untuk mengurangi demam. Selain itu juga membantu meringankan gejala flu.

Taman bunga matahari Romantic GardenTaman bunga matahari Foto: (Lensy Swandry/d'traveler)

8. Daun Mint

Sakit kepala, iritasi kulit, mual, nyeri, diare, dan kembung adalah beberapa dari banyak penyakit yang mereda bila mengonsumsi daun mint. Selain itu daunt mint juga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan dan sesak di dada. Beberapa penelitian menunjukan bahwa daun mint mengandung antibakteri dan antivirus.

Mint leaf close up on a white backgroundDaun mint. Foto: Thinkstock

9. Nepeta Cataria

Tumbuhan yang biasa dikenal dengan cat mint atau catnip atau basil kucing terkenal karena dengan mengunyahnya dapat meredakan sakit gigi, demam dan bisa menjadi obat penenang. Bisa juga untuk mengusir nyamuk yang lebih efektif daripada obat anti nyamuk.

10. Kemangi

KemangiTanaman Kemangi Foto: Getty Images/iStockphoto/Supersmario

Daun kemangi biasa dipakai sebagai pengobatan tradisional yang diwarisi dari Mediterania. Daun kemangi pertamakali digunakan pada zaman Yunani-Romawi untuk mengusir serangga dan penangkal racun kalajengking. Saat ini daun kemangi digunakan untuk mengobati stres, diabetes dan asma. Kemangi juga memiliki sifat antivirus dan antioksidan.

Itulah 10 tanaman apotek hidup yang kamu bisa tanam di rumah. Selamat mencoba menanamnya dan rasakan sendiri manfaatnya ya.



Simak Video "164 Desainer Bakal Unjuk Gigi di Fashion Show Virtual 'ISEF 2020'"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)
DRooftalk
×
Bintang Mahaputera Untuk Duo Fadli-Fahri
Bintang Mahaputera Untuk Duo Fadli-Fahri Selengkapnya