Tren Berkebun di Rumah

Ini Manfaat Berkebun di Rumah yang Kini Jadi Tren di Tengah Pandemi

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 01 Agu 2020 14:24 WIB
Tanaman di rumah Sylke Sylke, seorang pegiat bercocok tanam yang hobi menanam sayur di rumahnya dan merasakan manfaat berkebun. (Foto: Dok. pribadi Sylke)
Jakarta -

Salah satu kegiatan untuk mengisi luang selama #dirumahaja yang kini tengah tren adalah bercocok tanam. Berkebun di rumah terutama menanam sayuran memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaat berkebun di rumah dari mereka yang sudah menjalani kegiatan ini?

Wolipop berbincang dengan tiga wanita yang menjalani hobi berkebun di rumah. Mereka sudah merasakan manfaat berkebun menanam sayuran.

Adalah Sylke Febrina Laucereno yang memulai menanam sayuran sejak awal 2019. Ia merasa memiliki kebahagiaan tersendiri saat bercocok tanam di rumah karena seperti mempunya 'teman baru'.

Tanaman di rumah Sylke Sylke saat sedang merawat tanamannya di rumah. (Foto: Dok. pribadi Sylke)

"Ya kan tiap hari jengukin tanaman kena hama atau nggak, dia kurang air atau nggak, sudah dikasih makan atau belum. Kalau ada gulma harus dicabutin, kalau ada bekicot diusir-usirin. Senang banget pas lihat si pohon udah gede-gede, mulai muncul bakal bunga, bunga mulai rontok dan akhirnya muncul buah. Itu menyenangkan banget dan bikin happy," ungkap Sylke saat dihubungi Wolipop, Rabu (26/7/2020).

Wanita yang berusia 29 tahun itu juga merasa jadi lebih dekat dengan alam karena mengetahui prosesnya dalam bercocok tanam. "Ada step yang harus dilalui supaya bisa berbuah atau bisa sampai panen. Sama ngerti kalau semuanya yang ada di bumi butuh bantuan pihak lain. Kayak tanaman kan butuh air dan matahari, si tanaman butuh kita buat ngurusin, kita butuh tanaman buat dimakanin atau dijualin. Jadi lebih menghargai sayuran, buah-buahan dan makin sedih ternyata krisis iklim itu makin nyata," ujarnya.

Sylke menanam tanaman pangan di rumahnya seperti pakcoy, sawi caisim, cabe rawit, cabe merah hybrid, tomat, kangkung, bayam, sawi putih, kol, wortel dan masih banyak lagi. Dengan berbagai tanaman-tanamannya itu dia memberikan perhatian khusus dengan cara berkomunikasi dengan mereka.

"Tumbuhan juga makhluk hidup yang dia bisa ngerasain apa yang kita rasain. Jadi transfer energi kali yak. Terus aku juga sering ajak tanaman ngobrol, diperhatiin aja dia. Minimal kalo pagi disapa 'Hai guys apa kabar, udah siap kena matahari hari ini?' Kalau malam 'Selamat malam guys'. Sama suka minta maaf kalo dia kekeringan, dia kena hama atau dia nggak tumbuh maksimal. Sampai adikku ngira aku gila gara-gara ngomong sama pohon," kata Sylke seraya tertawa.

Anak pertama dari lima orang bersaudara ini pun memperoleh hasilnya dari menanam sayuran di rumah. Dia bisa menjual sayur-sayurannya itu ke tetangganya.

Hasil tanaman SylkeHasil tanaman Sylke (Foto: Dok. pribadi Sylke)

"Lumayan kalau sudah mau panen, tetangga-tetangga suka pada pesan sayurannya. Walaupun mereka suka komen harganya lebih mahal daripada di tukang sayur. Tapi mereka tetap beli lagi kok," tambah pemilik akun Instagram@kebunsunshine untuk membagikan hasil panen di teras rumahnya itu.

Manfaat berkebun di rumah juga dirasakan Renny Budiarti. Renny sudah hobi menanam sayuran dan tanaman lainnya sejak dua tahun lalu.

"Bercocok tanam di rumah bisa mengurangi stres, dapat hobi baru, bisa stok sayuran apalagi waktu awal-awal pandemi kemarin, dapat ilmu baru, bisa mengirit uang, pekarangan dan lingkungan terasa sejuk," kata Renny.

Seperti Sylke, Renny yang akrab disapa Rere ini juga membuat akun Instagram khusus untuk menunjukkan hasil kreasinya dalam memasak hasil panennya di rumah.

tanaman rumah RennyRenny Budiarti (Foto: dok. pribadi Renny Budiarti)

"Dari awal kuliah kan memang hidup sendiri, awalnya buat ngirit uang tapi makin ke sini jadi suka banget masak. Apalagi kalau masak resep makanan aneh-aneh yang jarang orang masak atau jual di sini. Kebetulan aku juga kuliah ambil jurusan komunikasi jadi sering ada mata kuliah edit video, dari situ aku mulai coba produksi home cooking sendiri dan edit sendiri juga di rumah," jelasnya.

Merasa bahagia karena bercocok tanam turut dirasakan oleh Puti Andam Dewi Oka. Puti termasuk newbie alias baru dalam dunia berkebun di rumah. Dia baru mulai menanam sayuran dan tanaman lainnya di rumah saat Corona mewabah di Indonesia.

Puti Andam sedang berkebun di rumahnyaPuti Andam sedang berkebun di rumahnya (Foto: Dok. pribadi Puti Andam)

"Ya happy aja lihat tanaman yang aku rawat bisa hidup, bisa tumbuh, ada daun baru, kepuasan tersendiri dan tantangan. Terus jadi punya obyek foto baru karena aku memang suka fotografi," tuturnya soal manfaat berkebun.

Puti menanam sayuran microgreens yang dikonsumsinya sendiri. Seperti red garnet amaranth, kohlrabi, red cabbage dan turnip purple green.



Simak Video "Tahu Nggak Sih? Ini Daya Tahan Virus Corona di Berbagai Benda"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)