6 Cara Agar Anak Disiplin Belajar di Rumah Saat Pandemi Corona

Niken Widya Yunita - wolipop Sabtu, 04 Apr 2020 21:05 WIB
Virus Corona membuat anak-anak harus tinggal di dalam rumah. Di masa isolasi untuk cegah corona itu mereka tak sabar untuk dapat kembali bermain di luar rumah. Foto: AP Photo/6 Cara Agar Anak Disiplin Belajar di Rumah Saat Pandemi Corona
Jakarta -

Anak sekolah belajar dari rumah sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona. Anak-anak harus disiplin belajar di rumah. Namun nggak semua anak bisa disiplin.

Jika tidak disiplin dengan mengerjakan tugas-tugas, anak-anak dapat tertinggal dalam pelajaran. Di sini harus ada peran orangtua atau pengasuh agar anak disiplin belajar di rumah.

Berikut cara agar anak disiplin belajar di rumah saat pandemi corona, seperti disebutkan oleh psikolog anak Samanta Anantha M.Psi kepada detikcom:

1. Memiliki Jadwal yang Jelas

Seperti layaknya belajar di kelas, maka jadwal belajar di rumah pun perlu disesuaikan.

2. Tersedia Fasilitas Belajar

Meja dan kursi yang sesuai tinggi anak. Selain itu nyaman untuk anak belajar seperti di ruang kelasnya. Terkadang menyulap salah satu ruang di rumah menjadi ruang belajar anak juga dapat meningkatkan perasaan anak seperti belajar di sekolah.

3. Berikan Rewards

Penghargaan atau rewards dapat diberikan ke anak dengan sistem poin atau bintang. Jika anak mengerjakan dengan cepat dapat berapa poin, jika anak mengerjakan dengan tekun dan hasilnya bagus dapat berapa poin. Lalu jika anak mengerjakan tantangan pelajaran dengan inisiatif dan kreatif dapat poin tertinggi.

Pengumpulan poin per 100 poin nantinya bisa diganti dengan pemberian hadiah. Pastikan hadiah yang diberikan adalah hadiah yg memorable atau berkesan untuk anak, misalnya postcard yang dibikin orangtua sendiri serta berisi kata-kata mutiara.

4. Bicara Terbuka Dengan Anak

Dari awal bicaralah pada anak bahwa ini kondisi yang tidak terduga dan sangat tidak nyaman. Namun pastikan kita semua dapat bertumbuh dan berkembang dari situasi ini bukan hanya bisa melewatinya.

5. Selalu Berdoa Sebelum Melakukan Aktivitas

Pastikan orangtua dan anak selalu berdoa sebelum melakukan kegiatan belajar agar anak lebih fokus. Selain itu, di tengah-tengah belajar juga pastikan anak memiliki waktu untuk meditasi singkat, seperti mengatur nafas.

Ada 5 macam nafas yang bisa dipraktikkan yaitu nafas singa, nafas ular, nafas lebah, nafas balon, dan nafas kelinci. Tujuannya untuk melepas jenuh anak selama belajar. Mendengarkan lagu klasik atau suara alam juga dapat membuat konsentrasi anak meningkat selama belajar.

6. Hindari Memarahi Anak

Cara agar anak disiplin belajar di rumah saat pandemi corona lainnya yakni hindari memarahi anak. Apalagi dengan berteriak atau intonasi tinggi. Hal ini dapat mengakibatkan anak merasa tidak nyaman dan semakin tertekan dalam melakukan aktivitas belajar di rumah.

Psikolog anak lainnya Ratih Zulhaqqi, S.Psi, M.Psi kepada detikcom juga menyebutkan cara agar anak disiplin belajar di rumah saat pandemi corona. Menurutnya, harus tidak ada perbedaan antaraa anak belajar di sekolah dengan di rumah. Yang penting saat belajar di rumah, tetap sama seperti tidak hari-hari biasa.

Misalnya anak tetap mandi pagi. Jam tidur juga tidak berubah. "Jadi ketika kembali sekolah lagi, anak jadi berpikir, oh ternyata saat di rumah dan pergi ke sekolah, sama saja. Yang membedakan tempatnya," kata Ratih.



Simak Video "Tahu Nggak Sih? Ini Daya Tahan Virus Corona di Berbagai Benda"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)