Hii! Ini Akibat Mengerikan Jika Kamu Tak Rajin Ganti Seprai Tempat Tidur

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 19 Jun 2019 15:41 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Mencuci bisa dibilang kegiatan yang membutuhkan banyak tenaga dan waktu. Apalagi mencuci seprai dan sarung bantal tempat kita istirahat dan tidur di malam hari. Coba kamu ingat lagi, seberapa sering kamu menggantinya?

Jika kamu jarang mencuci seprai tempat tidur, berarti sama saja seperti berbaring di atas debu tungau, jamur dan kotoran lainnya. Begitu pula sarung bantal yang tidak diganti berminggu-minggu, berpotensi menyebabkan jerawat karena kotoran dari bantal bisa pindah ke wajah dan menyumbat pori-pori.

Kenapa mencuci dan mengganti seprai setidaknya seminggu sekali itu sangat penting? Ini beberapa alasannya seperti dikutip dari Aol.

Hii! Ini Akibat Mengerikan Jika Kamu Tak Rajin Ganti Seprai Tempat TidurFoto: Pixabay

Seprai Menyimpan Tumpukan Partikel Kotor

Lebih dari 500 juta sel yang kita tebarkan setiap hari, bersama dengan keringat, bulu halus hewan peliharaan, jamur, dan semuanya menyatu di tempat tidur saat kita terlelap di malam hari. Itulah alasan mengapa kamu tidak boleh duduk dan tidur langsung di tempat tidur dengan pakaian yang sudah dipakai seharian.

Menurut Joshua Zeichner, MD, direktur penelitian kosmetik dan klinis dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai, New York City, "Tidak mencuci seprai secara teratur bisa menimbulkan kontak langsung dengan kulit selama beberapa jam pada saat Anda tidur. Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah mulai dari iritasi hingga jerawat bahkan mungkin infeksi yang sangat parah."

Dr. Zeichner merekomendasikan untuk mencuci seprai sekali seminggu, atau lebih jika ada kamu sudah merasa tidak nyamanan di atas tempat tidur.


Dalam Kondisi Tertentu, Seprai Bisa Lebih Kotor dari Biasanya

Dalam beberapa kondisi tertentu, seprai tidak hanya harus diganti seminggu sekali, tapi bisa juga 2-3 kali seminggu bahkan setiap hari.

Menurut Raman Madan, MD, direktur dermatologi kosmetik di Northwell Health dan Asisten Profesor klinis di Zucker School of Medicine di Hofstra/Northwell, seprai harus dicuci lebih sering jika dipakai orang yang sedang sakit, tidur tanpa mengenakan pakaian, atau tidur tanpa mandi setelah olahraga.
Hii! Ini Akibat Mengerikan Jika Kamu Tak Rajin Ganti Seprai Tempat TidurFoto: thinkstock


"Anda bisa menularkan banyak kuman ke seprai apabila tidak sering dicuci," katanya.

Dr. Madan menyarankan untuk menggunakan deterjen hipoalergenik, yaitu deterjen yang tidak mengandung zat-zat yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit. Dia juga merekomendasikan untuk memilih deterjen bebas pewangi. Satu hal lagi, gunakanlah deterjen sesuai takaran.

"Menggunakan terlalu banyak deterjen, berarti molekul deterjen itu sendiri dapat bersarang di antara serat-serat kain. Kulit Anda bisa iritasi. Lebih baik menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," saran Joshua Zeichner. (gaf/hst)