Jangan Cuma Bikin Resolusi, Lakukan 5 Hal Ini Untuk Mulai Tahun Baru

Silmia Putri - wolipop Rabu, 02 Jan 2019 11:01 WIB
Hal yang perlu dilakukan di awal tahun. Foto: Reuters Hal yang perlu dilakukan di awal tahun. Foto: Reuters

Jakarta - Awal tahun baru biasanya diwarnai oleh resolusi atau target pencapaian baru. Fokus pada pencapaian besar membuat kita sering melupakan hal-hal kecil. Padahal, hal kecil bisa jadi sangat berarti untuk kesehatan fisik, mental, bahkan keuangan.

Wolipop merangkum lima hal yang sebaiknya dilakukan di tahun baru 2019. Apa saja itu?

1. Mengecek tanggal kadaluarsa produk kecantikan

Lihat lagi barang-barang di rumahmu, seperti makanan hingga produk kecantikan. Berganti tahun, ada beberapa barang yang sudah mati fungsi atau kadaluarsa. Kosmetik memiliki masa kadaluarsa yang berbeda. Foundation biasanya hanya bertahan dalam waktu satu tahun, bedak atau eye-shadow memiliki waktu dua tahun, sedangkan lipstik hanya satu tahun. Lihat lagi, mana produk yang hampir kadaluarsa atau mungkin sudah kadaluarsa?



2. Mengembalikan barang pinjaman

Satu lagi yang sering sekali terlupakan, yaitu mengembalikan barang pinjaman mulai dari pinjam baju ketika menginap di rumah teman hingga meminjam pulpen saat ujian di kampus. Barang-barang kecil justru lebih sering terlupakan. Jangan sampai, itu menghambat rezekimu di tahun 2018.

3. Membayar utang

Tak hanya pinjaman barang, pinjaman utang pun harus dilunasi. Siapa yang masih pura-pura lupa punya utang? Jika ada uang lebih, prioritaskan uangmu untuk melunasi pinjaman. Hal ini bisa membuatmu lebih lega dan sedar menghadapi tahun baru.



4. Membersihkan barang yang tidak lagi dibutuhkan

Coba lihat isi dompetmu, apakah ada struk-struk pembelanjaaan yang sudah tak terpakai? Atau lihat kulkas di rumah, ada makanan sisa yang tidak layak makan? Pastikan barang-barang yang tak berfungsi dibersihkan dari tempat tinggalmu.

5. Medical check up

Poin terakhir mungkin cukup serius. Namun, medical check up sangat penting untuk memulai tahun baru. Pastikan tubuh sehat, fit untuk beraktivitas. Dengan medical check up, kita bisa tahu makanan apa saja yang sebaiknya dihindari hingga olaraga apa yang harus diprioritaskan.
(sil/sil)