ADVERTISEMENT

5 Ucapan Doa untuk Orang Sakit dari Al Quran dan Hadits

Anggi Mayasari - wolipop Kamis, 12 Jan 2023 05:00 WIB
Doa untuk orang sakit. Foto: Dok. Detikcom Doa untuk orang sakit. Foto: Dok. Detikcom
Jakarta -

Mendengar keluarga atau sahabat yang sakit tentu membuat sedih. Sebagai penyemangat, kamu bisa memberikan ucapan doa untuk orang sakit ini agar mereka cepat sembuh.

Nabi Muhammad SAW mengajarkan kita untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan. Meskipun berusaha sebaik mungkin untuk hidup sehat dan menghindari penyakit, terkadang kita bisa jatuh sakit karena beberapa alasan, termasuk cuaca, alergi, dan banyak lagi.

Sakit memang berat, tapi Nabi Muhammad telah meyakinkan umatnya bahwa Allah akan menghapus sebagian dosa orang yang sakit. Abu Sa'eed al-Khudri dan Abu Hurairah r.a. meriwayatkan bahwa Nabi s.a.w. dikatakan:

"Tidak ada kelelahan, kesakitan, kekhawatiran, kesedihan, kesusahan atau bahaya yang menimpa seorang mukmin di dunia ini, bahkan tidak ada duri yang menusuknya, melainkan Allah menghapus sebagian dosanya dengan itu." (Sahih Al-Bukhari)

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Namun, ketika jatuh sakit, umat muslim perlu menemukan obat terbaik. Nabi s.a.w. dikatakan:

"Allah telah menurunkan penyakit dan obatnya dan menjadikan setiap penyakit ada obatnya."(Sunan Abi Daud)

Selain mencari pengobatan, umat Islam perlu mencari pertolongan dari Allah, karena memang Dialah yang dapat menyembuhkan penyakit dan menyelamatkan dari segala bahaya. Ada beberapa doa yang bisa dibaca ketika kita sakit dan ketika menjenguk orang sakit.

Seorang muslim dapat mengirimkan ucapan doa untuk orang sakit di Whatsapp sebagai salah satu bentuk harapan untuk pemulihan kesehatan. Berikut doa untuk mendoakan orang yang sedang sakit:

1. Ucapan Doa untuk Orang Sakit dari Al Quran Surat Al-Falaq dan An-Nas

Saat kita melihat anak, ibu, dan orang yang kita cintai sakit, wajar jika kita merasa tidak berdaya dan sedih. Namun, cobalah untuk mengingat bahwa Allah adalah Ash-Shaafee (Yang Menyembuhkan, Yang Menyembuhkan).

Aisyah r.a. melaporkan bahwa: Setiap kali Rasulullah s.a.w. sakit, dia akan membaca Mu'awwidhatayn (Surat Al-Falaq dan Surat An-Nas) dan kemudian menghembuskan nafasnya ke seluruh tubuhnya. Ketika dia sakit parah, saya (Aisyah r.a.) biasa membaca (dua surat ini) dan menggosokkan tangan ke tubuhnya berharap berkahnya.

QS Al-Falaq

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ, مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ, وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ ,وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ, وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

Latin :


Qul a'uuzu birobbil-falaq, Min sharri ma kholaq, Wa min sharri ghosiqin izaa waqob, Wa min sharrin-naffaathaati fil-'uqod, Wa min sharri haasidin izaa hasad

Artinya :

Katakanlah: Aku berlindung kepada Tuhan fajar, Dari kejahatan ciptaan-Nya, Dan dari kejahatan malam yang gelap ketika itu datang, Dan dari kejahatan mereka yang membuat simpul (berlatih Seni Rahasia), Dan dari kejahatan orang yang dengki.

QS An-Nas

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ مَلِكِ النَّاسِۙ اِلٰهِ النَّاسِۙ مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ
الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

Qul a'uuzu birobbin-naas, Malikin-naas, Ilaahin-naas, Min sharril-waswaasil khonnaas, Allazii yuwaswisu fii suduurin-naas, Minal-jinnati wan-naas

Artinya :

Katakanlah, "Aku berlindung kepada Tuhannya manusia, Raja manusia, sembahan manusia, dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.

2. Ucapan Doa untuk Orang Sakit sesuai Sunnah Rasul

Setiap kali umat Islam jatuh sakit, mereka meminta nasihat dari Nabi Muhammad. Ketika seseorang jatuh sakit, Nabi akan membacakan salah beberapa doa ini untuk mereka.

Dianjurkan untuk menyentuh area yang sakit dengan tangan kanan sambil membaca doa ini:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Latin :

"Allahuma rabbi-nas adhhabal ba'sa, ashfi wa entashafi, la shifa' illa shifa'uka shifa' la yughadiru saqama."

Artinya :

Ya Allah! Pemelihara Manusia! Hilangkan penyakitnya, sembuhkan penyakitnya. Engkaulah Yang Menyembuhkan. Tidak ada obat kecuali obat-Mu. Berilah kami obat yang tidak meninggalkan penyakit.

3. Ucapan Doa untuk Orang Sakit di Whatsapp

Nabi Muhammad juga membaca doa ini saat seseorang sedang sakit. Kamu bisa mengirim ucapan doa untuk orang sakit di Whatsapp.

أسألُ اللهَ العظيمَ ربَّ العرشِ العظيمِ أنْ
يَشفيَكَ

Latin :

'As'alu Allah al 'azim rabbil 'arshil azim an yashifika.

Artinya :

Aku memohon kepada Allah Yang Maha Perkasa, Penguasa Singgasana Yang Perkasa, untuk menyembuhkanmu.

Ucapan doa untuk orang sakit dari Surat Al Anbiya, KLIK HALAMAN SELANJU

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Keren! Aksi Robot Animatronik Yayoi Kusama Lagi Melukis"
[Gambas:Video 20detik]