ADVERTISEMENT

Pertama Dalam 20 Tahun, British Airways Sediakan Seragam Pramugari Berhijab

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 09 Jan 2023 21:00 WIB
British Airways mengumumkan seragam terbaru untuk awak kabin wanita. Perubahan seragam maskapai penerbangan British Airways. Foto: Dok. Instagram @kuwaittimes.
Inggris -

Maskapai penerbangan British Airways mengumumkan perubahan seragam pertamanya selama hampir dua dekade. Kini awak kabin wanita dapat mengenakan hijab, tunik dan jumpsuit.

Dilansir dari The Guardian, 30.000 staf British Airways akan memakai seragam yang dirancang oleh Ozwald Boateng, desainer asal Inggris. Perombakan pakaian kerja maskapai itu terjadi setelah pemikiran ulang selama lima tahun oleh Ozwald Boateng.

Setiap anggota dari 30.000 staf garis depan British Airways akan memakai seragam baru rancangan Boateng tersebut pada musim panas. Seragam tersebut akan mulai dipakai oleh para insinyur dan kru maskapai penerbangan yang bertugas di darat.

Maskapai penerbangan British Airways mengumumkan perubahan seragam pertamanya selama hampir dua dekadeMaskapai penerbangan British Airways mengumumkan perubahan seragam pertamanya selama hampir dua dekade Foto: Dok. British Airways.

Maskapai ini menolak mengikuti saingannya Virgin Atlantic dalam menawarkan seragam netral gender. Virgin Atlantic menerapkan seragam untuk semua gender berupa setelan celana panjang gaya dan busana yang slim-fit.

"Seragam kami adalah representasi ikonik dari merek kami, sesuatu yang akan membawa kami ke masa depan. Mewakili yang terbaik dari Inggris modern dan membantu kami memberikan layanan asli Inggris yang terbaik untuk pelanggan kami," kata Sean Doyle, kepala eksekutif British Airways.

"Sejak awal ini tentang kru kami. Kami ingin membuat koleksi seragam yang membanggakan untuk kru kami, dan dengan bantuan lebih dari 1.500 rekan kerja, kami yakin bahwa kami telah memberikan ini," lanjut Sean.

Maskapai penerbangan British Airways mengumumkan perubahan seragam pertamanya selama hampir dua dekadeMaskapai penerbangan British Airways mengumumkan perubahan seragam pertamanya selama hampir dua dekade Foto: Dok. British Airways.

Seragam rancangan Boateng ini menampilkan pola seperti gelombang udara yang digunakan pada jaket, T-shirt, dertail kancing, dan dasi. Pola tersebut menurut British Airways terinspirasi oleh pergerakan udara di atas sayap pesawat.

British Airways (BA) adalah maskapai penerbangan nasional yang berasal dari Britania raya. Berkantor pusat di London, Inggris, British Airways sempat mengalami penurunan keuangan karena pandemi virus Corona.

Boateng mulai mengerjakan seragam baru British Airways sejak tahun 2018. Secara diam-diam ia mencoba seragam tersebut untuk digunakan oleh kru penerbangan kargo di Manchester dan Cotswolds. Ia menguji ketahanan terhadap air dan suhu sekitar -18C untuk memastikan daya tahan mereka di semua cuaca ekstrem.

Uji coba tersebut menghasilkan modifikasi seperti kantong alat akses mudah dan kain teknologi layar sentuh di sarung tangan untuk kru maskapai di darat. British Airways mengatakan seragam barunya sebagian besar terbuat dari bahan yang ramah lingkungan atau berkelanjutan termasuk poliester daur ulang dan kapas dari produsen yang peduli lingkungan.

Seragam lama British Airways dirancang oleh Julien MacDonald. Seragam-seragam lama tersebut akan disumbangkan untuk amal, didaur ulang atau dipajang di museum maskapai.

(gaf/eny)