ADVERTISEMENT

Doa Agar Hujan Berhenti, Bisa Dibaca Saat Punya Hajat

Arina Yulistara - wolipop Kamis, 04 Agu 2022 05:13 WIB
Doa Agar Hujan Berhenti Doa agar hujan berhenti. Foto: Dok. Canva
Jakarta -

Sudah hapal doa agar hujan berhenti? Mungkin bisa melafalkan doa agar hujan berhenti saat turun ketika sedang ada hajatan.

Cuaca kini memang tidak bisa diprediksi. Kamu mungkin akan merasa khawatir hujan turun di tengah acara. Untuk itu, tak ada salahnya meminta permohonan kepada Allah SWT dengan memanjatkan doa agar hujan berhenti.

Sudah hapal doa agar hujan berhenti? Jika belum, kamu bisa menghapalkan doa agar hujan berhenti sehingga urusan menjadi lebih lancar.

Doa Agar Hujan Berhenti

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَ

Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syaja..

Artinya:

"Ya Allah, curahkanlah hujan di sekitar kami, dan yang tidak membahayakan bagi kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, beberapa anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan." (HR. Bukhari)

Di samping itu, kamu juga bisa menambahkan doa agar hujan berhenti dengan membaca surat Hud ayat 44 yang berbunyi;

وَقِيلَ يَا أَرْضُ ابْلَعِي مَاءَكِ وَيَا سَمَاءُ أَقْلِعِي وَغِيضَ الْمَاءُ وَقُضِيَ الْأَمْرُ وَاسْتَوَتْ عَلَى الْجُودِيِّ ۖ وَقِيلَ بُعْدًا لِلْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

Wa qīla yā arḍubla'ī mā`aki wa yā samā`u aqli'ī wa gīḍal-mā`u wa quḍiyal-amru wastawat 'alal-jụdiyyi wa qīla bu'dal lil-qaumiẓ-ẓālimīn

Artinya:

"Dan difirmankan: 'Hai bumi telanlah airmu, dan hai langit (hujan) berhentilah,' dan airpun disurutkan, perintahpun diselesaikan dan bahtera itupun berlabuh di atas bukit Judi, dan dikatakan: 'Binasalah orang-orang yang zalim'."

Tambahkan doa agar hujan berhenti dengan bacaan doa agar hujan bisa membawa berkah. Dalam sebuah hadist, Nabi Muhammad SAW mengajarkan bacaan ini sebagai doa hujan yang berkah.

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَ

Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari

Artinya:

"Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan yang untuk merusak kami. Ya Allah, turukan lah hujan ke dataran tinggi, sebagian anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan."

Jika mengalami hujan ditambah angin yang kencang maka setelah membaca doa agar hujan berhenti bisa melantunkan doa angin kencang. Mengutip buku 'Doa & Wirid' karya Yazid bin Abdul Qadir Jawas, berikut doa angin kencang yang bisa diamalkan setelah doa agar hujan berhenti.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلْتَ بِهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيْهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلْتَ بِهِ

Allahumma innii as'aluka khairahaa wa khaira maa fiiha wa khaira maa ursilat bihi wa a'uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiiha wa syarri maa ursilat bihi.

Artinya:

"Ya Allah, sungguh aku mohon kepadaMu kebaikan angin ini, kebaikan apa yang ada padanya, dan kebaikan pada tujuan angin ini dihembuskan. Aku berlindung kepadaMu dari keburukan angin ini, keburukan apa yang ada padanya, dan keburukan tujuan angin ini dihembuskan."



Simak Video "Melihat 'Konser' Para Kucing yang Menggemaskan"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)