Arti Taqabbalallahu Minna Wa Minkum dan Jawabannya, Ucapan Khas Idul Fitri

Arina Yulistara - wolipop Senin, 02 Mei 2022 11:00 WIB
Ucapan Hari Raya Idul Fitri 2022 Arti ucapan taqabballahu minna wa minkum. siteFoto: Dok. iStock, Canva
Jakarta -

Hari ini umat muslim di Indonesia merayakan Idul Fitri 2022. Taqabbalallahu minna wa minkum biasanya menjadi ucapan khas Idul Fitri. Apa arti taqabbalallahu minna wa minkum dan jawabannya yang tepat?

Jelang Lebaran mungkin kamu sering mendapatkan hampers dengan tulisan taqabbalallahu minna wa minkum. Jika tidak tahu arti taqabbalallahu minna wa minkum tentu tidak paham bagaimana cara menjawabnya.

Sebagai umat Islam, kamu perlu memahami arti taqabbalallahu minna wa minkum dan jawabannya agar tidak bingung ketika ada seseorang yang mengucapnya saat momen Idul Fitri. Arti taqabbalallahu minna wa minkum dan jawabannya memang menjadi ucapan salam yang khas saat Hari Raya.

Yuk memahami lebih lanjut mengenai arti taqabbalallahu minna wa minkum dan jawabannya:

Arti Taqabbalallahu minna wa minkum dan Jawabannya

Memahami arti taqabbalallahu minna wa minkum dan jawabannya menjadi salah satu cara agar kamu bisa menjalani amalan sunnah saat momen Hari Raya. Kalimat taqabbalallahu minna wa minkum dan jawabannya termasuk salah satu ucapan Idul Fitri yang disunnahkan dan dibenarkan dalam Islam.

Dilansir dari detikNews yang mengutip 'Kitab Fathul Bari' oleh Ibnu Hajar Al Asqolani, ucapan taqabbalallahu minna wa minkum dan jawabannya sering dilakukan oleh para sahabat Rasulullah SAW pada zamannya. Dalam sebuah riwayat mengisahkan sahabat Nabi Muhammad SAW saling mengucapkan taqabbalallahu minna wa minkum dan jawabannya saat berjumpa pada momen Idul Fitri.

فعن جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ قَالَ : كَانَ أَصْحَابُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا اِلْتَقَوْا يَوْمَ الْعِيدِ يَقُولُ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ : تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك . قال الحافظ : إسناده حسن .

Artinya:

"Dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah SAW berjumpa dengan hari 'ied (Idul Fithri atau Idul Adha, pen), satu sama lain saling mengucapkan, taqobbalallahu minna wa minkum."

Berikut arti taqabbalallahu minna wa minkum dan jawabannya;

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك

Taqobalallahu minna wa minkum

Artinya:

"Semoga Allah menerima amal ibadah kami dan amal ibadah kalian semua."

Jawaban Ucapan Taqabbalallahu minna wa minkum

Setelah memahami arti taqabbalallahu minna wa minkum maka ketahui cara menjawabnya. Bagaimana jawaban dari ucapan taqabbalallahu minna wa minkum?

Cara menjawab taqabbalallahu minna wa minkum bisa dengan minna waminkum taqobbal ya karim, yang artinya; "Ya Allah yang Maha Mulia, terimalah amalan kami."

Atau kamu juga bisa menjawab taqabbalallahu minna wa minkum dengan ucapan yang sama, taqabbalallahu minna wa minka. Arti taqabbalallahu minna wa minkum dan jawaban taqabbalallahu minna wa minka memiliki makna yang sama.

Hukum Menjawab Ucapan Taqabbalallahu minna wa minkum

Ketika kamu sudah paham arti taqabbalallahu minna wa minkum dan jawabannya maka terapkanlah saat ada yang kerabat yang mengucapkan kalimat tersebut saat Idul Fitri. Hukum menjawab ucapan taqabbalallahu minna wa minkum adalah wajib.

Dalam Majmu Fatawa (24/253) Ibnu Taimiyah pernah ditanya mengenai dasar hukum syariat dalam ucapan Idul Fitri. Kemudian mengisahkan bahwa ucapan taqabbalallahu minna wa minkum wajib dijawab.

"Taqabbalallahu minna waminkum, dan semacam itu, maka ini telah diriwayatkan oleh sebagian sahabat bahwa dahulu mereka melakukannya, dan dibolehkan sebagian Imam seperti Ahmad dan lainnya. Tetapi Ahmad berkata: Aku tidak mau memulainya lebih dahulu, namun jika seseorang mengucapkannya kepadaku maka aku menjawabnya, karena itu jawaban ucapan selamat yang hukumnya wajib."

Apa kini kamu sudah memahami arti taqabbalallahu minna wa minkum dan jawabannya?



Simak Video "Pesona IU-Kang Dong Won di Red Carpet Cannes Film Festival"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)