Bacaan Niat Puasa Ganti Ramadhan dan Tata Caranya

Arina Yulistara - wolipop Senin, 22 Nov 2021 05:20 WIB
A female adult is putting both hands together for doa (Muslim way of praying) during partial lockdown in Malaysia. Niat puasa ganti puasa Ramadhan. Foto: Getty Images/Alex Liew
Jakarta -

Sudah hapal doa niat puasa ganti puasa Ramadhan yang wajib dilakukan umat Muslim? Saat kamu batal puasa Ramadhan maka harus mengganti puasanya di hari lain.

Doa niat puasa ganti puasa Ramadhan tidaklah sulit. Bacaan doa niat puasa ganti puasa Ramadhan bisa dilakukan hari ini atau esok ketika kamu sedang dalam keadaan sehat dan mampu melakukannya.

Doa niat puasa ganti puasa Ramadhan atau puasa qadha dilakukan untuk mengganti puasa yang batal karena haid hingga dalam perjalanan jauh selama bulan suci. Membaca doa niat puasa ganti puasa Ramadhan hanya ketika akan berpuasa esok hari.

Adapun kewajiban membaca doa niat puasa ganti puasa Ramadhan dan melaksanakannya sudah menjadi perintah Allah SWT. Lewat surat Al Baqarah ayat 184, Allah SWT berfirman bahwa wajib bagi setiap umat muslim menjalani puasa ganti puasa Ramadhan bagi yang mampu melaksanakannya.

أَيَّامًا مَّعْدُودَٰتٍ ۚ فَمَن كَانَ مِنكُم مَّرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۚ وَعَلَى ٱلَّذِينَ يُطِيقُونَهُۥ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ ۖ فَمَن تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهُۥ ۚ وَأَن تَصُومُوا۟ خَيْرٌ لَّكُمْ ۖ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

Ayyāmam ma'dụdāt, fa mang kāna mingkum marīḍan au 'alā safarin fa 'iddatum min ayyāmin ukhar, wa 'alallażīna yuṭīqụnahụ fidyatun ṭa'āmu miskīn, fa man taṭawwa'a khairan fa huwa khairul lah, wa an taṣụmụ khairul lakum ing kuntum ta'lamụn

Artinya:

"(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui."

Jika tidak mampu melaksanakan puasa ganti puasa Ramadhan maka bisa membayar fidyah atau memberi makan orang miskin. Namun akan lebih baik jika menggantinya dengan puasa.

Bagaimana doa niat puasa ganti puasa Ramadhan? Berikut doa niat puasa ganti puasa Ramadhan yang bisa dihapalkan dan tata cara melaksanakannya.

Doa Niat Puasa Ganti Puasa Ramadhan

Ini dia doa niat puasa ganti puasa Ramadhan:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin 'an qadhā'I fardhi syahri Ramadhāna lillâhi ta'âlâ.

Artinya:

"Aku berniat untuk mengqadha puasa Bulan Ramadhan esok hari karena Allah SWT."

Tata Cara Melaksanakan Puasa Ganti Puasa Ramadhan

Tata cara melaksanakan puasa ganti puasa Ramadhan bisa dilakukan pada hari lain di luar bulan Ramadhan. Akan tetapi, jangan puasa ganti puasa Ramadhan pada hari yang dilarang seperti hari besar Islam.

Sebelum melaksanakan puasa ganti puasa Ramadhan, baca niat terlebih dahulu. Lafalkan doa niat puasa ganti puasa Ramadhan satu hari sebelum melaksanakannya.

Kemudian jalani puasa ganti puasa Ramadhan seperti puasa sesuai ajaran agama Islam. Begitu pula cara berbuka puasa ganti puasa Ramadhan sama seperti puasa lainnya. Ingat, tidak lupa membaca doa berbuka puasa.

Berbeda seperti doa niat puasa ganti puasa Ramadhan yang sedikit berbeda dengan niat puasa saat bulan suci, bacaan doa berbuka puasa sama secara umum. Bacaan doa berbuka puasa ganti puasa Ramadhan yang mudah dihapal;

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allaahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin.

Artinya:

"Ya Allah keranaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman. KepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmatMU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Dilansir dari detikEdu, membaca doa niat puasa ganti puasa Ramadhan dan melaksanakannya harus dilakukan sesegera mungkin setelah bulan Ramadhan. Seperti halnya dengan utang dalam ajaran agama Islam yang wajib dibayar sesegera mungkin.

Setelah paham doa niat puasa ganti puasa Ramadhan, jangan sampai keliru lagi ya.



Simak Video "KuTips: Vaksinasi Covid-19 di Bulan Puasa, Ini yang Harus Disiapkan!"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)