Niat Puasa Ganti Ramadhan Karena Haid, Ini Bacaannya

Lusiana Mustinda - wolipop Kamis, 24 Des 2020 09:59 WIB
ilustrasi berdoa Foto: Getty Images/AleksandarGeorgiev
Jakarta -

Niat puasa ganti Ramadhan karena haid bisa dibaca ketika detikers sahabat Hikmah hendak membayar puasa ganti di hari lain.

Perempuan yang mendapatkan haid dan nifas diharamkan menjalankan puasa, termasuk puasa Ramadhan yang wajib hukumnya bagi muslimah. Untuk itu, ada kewajiban untuk menggantinya pada hari lain.

Menurut buku "Puasa Bukan Hanya Saat Ramadhan" oleh Ahmad Sarwat Lc., MA, dasar penjelasan tentang mengganti puasa ini dijelaskan dari ummul-mukminin Aisyah ra:

"Dahulu pada zaman Rasulullah SAW, kami mendapat haid. Karena itu, kami diperintahkan untuk mengganti puasa." (HR. Muslim).

Puasa yang menghapus segala dosa adalah puasa yang disertai dengan iman dan muhasabah. Rasulullah SAW bersabda:

Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah SAW ditanya mengenai amal yang paling baik, Rasulullah SAW menjawab,"Amal yang paling baik adalah iman." Kemudian ketika ditanya mengenai amal yang paling baik setelah iman, Rasulullah SAW menjawab,"Jihad di jalan Allah." Kemudian ditanya apa lagi, Rasulullah SAW menjawab, "Haji yang mabrur." (HR. Bukhari).

Untuk mengganti atau membayar hutang puasa, juga bisa dibarengi dengan puasa Senin Kamis. Dalam siaran YouTubenya, Ustadz Abdul Somad menyarankan membaca niat bayar hutang puasa Ramadhan. Selanjutnya puasa Senin Kamis dan utang puasa dilakukan sekaligus.

"Niatnya qodho saja bukan sunah, karena kalau yang dibaca niat puasa sunah maka tidak dapat pahala pelunasan utang Ramadhan," ujar Ustadz Abdul Somad (UAS).

Berikut bacaan niat puasa ganti Ramadhan:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ تَعَالَى

Arab latin: Nawaitu shauma ghadin 'an qadhā'I fardhi syahri Ramadhāna lillâhi ta'âlâ

Artinya: "Aku berniat untuk mengqadha puasa Bulan Ramadan esok hari karena Allah Ta'ala."

Jadi jangan bingung lagi ya. Puasa Senin Kamis dan puasa ganti Ramadhan bisa dilakukan bersamaan dengan peluang untuk mendapatkan pahala yang lebih besar.



Simak Video "KuTips: Vaksinasi Covid-19 di Bulan Puasa, Ini yang Harus Disiapkan!"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)