Niat Puasa Senin Kamis Lengkap dengan Manfaat dan Keutamaannya

Anggi Mayasari - wolipop Minggu, 24 Okt 2021 16:00 WIB
Niat puasa Senin Kamis. Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto Niat puasa Senin Kamis. Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto
Jakarta -

Puasa Senin Kamis merupakan amalan sunah yang bisa dilakukan umat muslim untuk mendapatkan pahala. Bagaimana niat puasa Senin Kamis?

Menjalankan puasa sunnah Senin Kamis memiliki banyak keutamaan, apalagi jika dilakukan secara rutin. Tidak hanya sehat jasmani dan rohani, puasa Senin Kamis juga akan membuat catatan amal ibadah menjadi lebih baik.

Salah satu hal yang perlu dilakukan untuk melaksanakan puasa Senin Kamis adalah membaca niat. Berikut niat puasa Senin Kamis:

Niat Puasa Senin

نويت صوم يوم الاثنين سنة لله تعالى

Nawaytu soumayaumul itsnaini sunatul lillahi taala

Artinya : Saya niat puasa hari senin, karena Allah ta'ala.

Niat Puasa Kamis

نويت صوم يوم الخميس سنة لله تعالى

Nawaytu soumayaumul khomiisa sunatul lillahi taala

Artinya: Saya niat puasa hari kamis, sunnah karena Allah ta'ala.

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Menjalankan puasa sunnah Senin Kamis telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Sebab, banyak sekali keutamaan menjalankan puasa sunnah pada kedua hari tersebut.

Selain diampuni dosa-dosanya, setiap hari Senin dan Kamis, segala amalan manusia selama satu minggu akan dinilai oleh Allah. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, "Semua perbuatan manusia dilaporkan di hadapan Allah dua kali seminggu, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka diampuni semua hamba yang beriman, kecuali hamba yang di antara dia dan saudaranya bermusuhan." (HR.Muslim)

Membiasakan berpuasa pada hari Senin dan Kamis bertujuan untuk mengembangkan iman yang kuat dan pengendalian diri. Pentingnya Puasa Senin dan Kamis dalam Islam diriwayatkan dari Abu Qataadah al-Ansaari bahwa Rasulullah (damai dan berkah Allah besertanya) ditanya tentang puasa pada hari Senin. Dia berkata:

"Pada hari itu saya lahir, dan pada hari itu, Wahyu datang kepada saya." Diriwayatkan oleh Muslim, 1162.

Puasa itu sendiri karena Allah memiliki pahala yang tidak ada batasnya. Abu Hurairah (ra) meriwayatkan bahwa Nabi (saw) berkata,

Allah (swt) berfirman: Puasa adalah milik-Ku dan Aku-lah yang memberi pahala karenanya. (Seorang pria) melepaskan gairah seksualnya, makanan dan minumannya demi saya. Puasa itu seperti perisai, dan orang yang berpuasa memiliki dua kebahagiaan: kebahagiaan saat berbuka dan kebahagiaan saat bertemu Tuhannya. Perubahan nafas mulut orang yang berpuasa lebih baik menurut penilaian Allah (swt) daripada bau kesturi.

~Al-Bukhari (juga oleh Muslim, Malik, at-Tirmidzi, an-Nasa'i dan Ibn Majah).

Setelah mengetahui niat puasa Senin Kamis, yuk ketahui manfaatnya. KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2