4 Doa Turun Hujan yang Bisa Diamalkan Selama Musim Hujan Agar Selalu Berkah

Arina Yulistara - wolipop Jumat, 29 Okt 2021 05:30 WIB
Hujan lebat mengguyur wilayah DKI Jakarta, Senin (25/10/2021) siang. Para pengendara sepeda motor pun langsung menepi untuk berteduh di kolong jembatan. Doa saat turun hujan. Foto: Rengga Sencaya
Jakarta -

Musim hujan telah tiba. Yuk baca doa turun hujan saat hujan lebat agar membuat hidupmu semakin berkah. Bahkan membaca doa turun hujan termasuk salah satu amalan yang dianjurkan.

Dalam hadist, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, ada tiga kondisi untuk berdoa yang paling mustajab, termasuk doa turun hujan. Tiga kondisi tersebut saat bertemu dua pasukan, jelang sholat, dan doa turun hujan.

الدُّعَاءِ عِنْدَ ثَلَاثٍ : عِنْدَ الْتِقَاءِ الْجُيُوشِ ، وَإِقَامَةِ الصَّلَاةِ ، وَنُزُولِ الْغَيْثِ

Artinya:

"Carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan: Bertemunya dua pasukan, Menjelang sholat dilaksanakan, dan saat hujan turun."

Bagaimana doa turun hujan yang bisa diamalkan? Berikut doa turun hujan yang dapat diamalkan agar selalu dilindungi Allah SWT.

1. Doa Turun Hujan Secara Umum

اللَّهُمَّ صَيِّباً ناَفِعاً

Allahumma shoyyiban naafi'an

Artinya:

"Ya Allah, turunkanlah hujan kepada kami yang bermanfaat." (HR. Bukhari Muslim)

2. Doa Saat Turun Hujan Deras

Ada pula doa turun hujan yang juga bisa dilafazkan saat hujan lebat agar diberikan keberkahan dan perlindungan. Ini bacaan doa turun hujan lebat yang bisa dipanjatkan:

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا ، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ ، وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ ، وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma hawalaina wala 'alaina, Allahumma 'alal akami wa adhirabi, wa buthunil auwdiyati, wamanabitisyajari.

Artinya:
"Ya Allah turunkan hujan ini di sekitar kami jangan di atas kami. Ya Allah curahkanlah hujan ini di atas bukit-bukit, di hutan-hutan lebat, di gunung-gunung kecil, di lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan." (HR. Bukhari Muslim)

3. Doa Turun Hujan dan Angin Kencang

Doa turun hujan lainnya yang bisa diamalkan saat hujan disertai angin kencang. Imam Muslim dalam suatu hadist diriwayatkan kalau Rasulullah SAW membaca doa turun hujan yang disertai angin kencang berikut ini:

اَللهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَمَا اُرْسِلَتْ بِهِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّمَا فِيْهَا وَشَرِّمَا اُرْسِلَتْ بِهِ

Alloohumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a'uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih

Artinya:

"Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya."

4. Doa Turun Hujan Disertai Petir

Lafazkan doa turun hujan disertai petir agar selalu dilindungi oleh Allah SWT. Berikut doa turun hujan disertai petir:

سُبْحَانَ الَّذِي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ
Subhaanalladzii yusabbihur ro'du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.

Artinya:

"Maha suci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbih lah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya." (HR. Imam Malik)

Doa Saat Turun Hujan Bisa Dikabulkan

Tahukah kamu kalau berdoa saat turun hujan bisa segera dikabulkan? Hadist meriwayatkan kalau kondisi yang paling mustajab untuk berdoa adalah saat turun hujan.

Berdasarkan hadist dari Sahl bin Sad, Rasulullah bersabda, doa saat turun hujan termasuk doa yang tidak akan ditolak.

ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِوَ تَحْتَ المَطَرِ

Artinya:

"Dua doa yang tidak akan ditolak: Doa saat adzandan doa saat turun hujan."

Dalam hadist riwayat Abu Hurairah juga disebutkan bahwa pintu-pintu langit terbuka saat hujan turun. Jadi, berdoa saat turun hujan sangat dianjurkan.

"Sesungguhnya pintu-pintu langit dibuka saat perang fi sabilillah berkecamuk, turun hujan, ketika salat wajib, maka perbanyaklah berdoa pada waktu tersebut," bunyi hadis tersebut.

Sudahkan kamu membaca doa turun hujan hari ini?



Simak Video "Ada Squid Game di Dunia Nyata, Hadiahnya Rp 6,5 Miliar"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)