Niat Puasa Senin Kamis dan 5 Manfaatnya yang Luar Biasa

Tim Wolipop - wolipop Jumat, 10 Sep 2021 05:30 WIB
Muslim woman pray on hijab praying with Koran on mat indoors Niat puasa senin kamis dan manfaatnya. Foto: Getty Images/iStockphoto/think4photop
Jakarta -

Puasa Senin Kamis memiliki manfaat yang luar biasa ketika rutin menjalaninya. Berikut niat puasa Senin Kamis.

Kamu bisa mulai membaca niat puasa Senin Kamis pada pekan depan untuk mulai menjalankannya. Puasa Senin Kamis ini termasuk puasa Sunnah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW.

Melaksanakan puasa Senin Kamis akan mendapatkan pahala dan banyak keutamaan. Hal itu disampaikan Rasululllah Shallallahu Alaihi Wasallam.

"Amal itu diperlihatkan di hadapan Allah pada hari Senin dan hari Kamis. Aku gembira sekali amalku diperlihatkan di saat aku sedang berpuasa." (HR Turmudzi).

Selain itu, seperti dikutip dari buku Puasa Senin-Kamis Bikin Hidup Lebih Mudah yang ditulis Imas Kurniasih, puasa Senin Kamis juga memiliki keistimewaan lain. Pada hari Senin adalah hari kelahiran Rasulullah SAW

"Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku." (HR Muslim).

Cara melakukan puasa Senin Kamis ini sama dengan puasa lainnya. Yang berbeda hanya niatnya saja.

Berikut bacaan niat puasa Senin Kamis:

Niat Puasa Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Latin: Nawaitu shouma yaumal itsnaini sunnatal Lillaahi Ta'aalaa

Artinya: "Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta'ala."

Niat Puasa Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Latin: Nawaitu shouma yaumal khomiisi sunnatal Lillaahi Ta'aalaa

Manfaat Puasa Senin Kamis

Sekarang sudah tahu kan bacaan niat puasa Senin Kamis? Setelahnya kamu juga perlu mengetahui manfaat puasa Senin Kamis ini jika rutin melakukannya.

Sesuai hadits Rasulullah SAW, puasa Senin Kamis sebaiknya dilakukan setiap minggu. Hal itu karena Allah SWT menyukai hambanya yang rutin melakukan amalan walaupun itu kecil.

"Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta'ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit." (HR Muslim).

Berikut manfaat puasa Senin Kamis:

1. Manfaat Puasa Senin Kamis: Doa Tidak Akan Ditolak

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, "Ada tiga golongan orang yang tidak akan ditolak doa mereka yaitu orang yang berpuasa hingga berbuka, pemimpin yang adil dan orang yang dizalimi." (HR. Tarmizi).

2. Rutin Puasa Senin Kamis Akan Mendapat Pahala yang Besar dan Diampuni Dosanya

Dalam surat Al-Ahzab ayat 35 Allah SWT berfirman bahwa perempuan dan laki-laki yang berpuasa termasuk yang akan mendapatkan ampunan dan pahala besar.

"Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu', laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar." (QS. Al-Ahzab: 35).

3. Manfaat Puasa Senin Kamis Dijauhkan dari Api Neraka

Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah ada seorang hamba yang puasa di jalan Allah kecuali akan Allah jauhkan dia (karena puasanya) dari neraka sejauh tujuh puluh musim." (HR. Bukhari, Muslim).

4. Masuk ke Surga dengan Pintu Khusus

Dalam sabda Rasulullah SAW,"Sesungguhnya di surga ada sebuah pintu bernama Ar-Royyaan. Pada hari kiamat orang-orang yang berpuasa akan masuk surga melalui pintu tersebut dan tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut kecuali mereka." (HR. Bukhari.)

5. Rutin Puasa Senin Kamis Mendapatkan Perlindungan di Hari Kiamat

Saat hari Kiamat tiba, semua makhluk di muka bumi ini akan hancur, termasuk manusia. Dan kamu yang rutin puasa Senin Kamis akan mendapatkan perlindungan di Hari Kiamat seperti disampaikan Rasulullah SAW.

"Pada hari kiamat, ibadah puasa dan Al Quran dapat memberi syafaat kepada pra hamba Allah." (HR. Ahmad).

Itulah niat puasa Senin Kamis dan manfaatnya yang luar biasa. Yuk puasa Senin Kamis muslimah.



Simak Video "KuTips: Vaksinasi Covid-19 di Bulan Puasa, Ini yang Harus Disiapkan!"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)