Hukum Tidak Menyusui Anak dalam Islam sesuai Al Quran dan Hadits

Rosmha Widiyani - wolipop Rabu, 06 Okt 2021 09:07 WIB
ilustrasi menyusui Foto: iStock/Hukum Tidak Menyusui Anak dalam Islam sesuai Al Quran dan Hadits.
Jakarta -

Hukum tidak menyusui anak dalam Islam telah diatur dalam Al Quran dan hadits. Pengaturan ini wajib diikuti seluruh umatnya untuk mendapatkan generasi penerus yang sehat dan berkualitas.

Islam dikenal sebagai agama komplit yang mengatur seluruh aspek kehidupan umatnya. Adanya aturan jelas memudahkan tiap umat menjalani kehidupan sehari-hari, tanpa takut bingung dan dosa.

Hadits dari Rasulullah SAW telah menjelaskan hukum tidak menyusui anak dalam Islam. Berikut haditsnya,

ثُمَّ انْطَلَقَ بِي فَإِذَا بِنِسَاءٍ تَنْهَشُ ثَدْيَهُنَّ الْحَيَّاتُ, قُلْتُ: مَا بَالُ هَؤُلَاءِ؟ قِيلَ: هَؤُلَاءِ اللَّاتِي يَمْنَعْنَ أَوْلَادَهُنَّ أَلْبَانَهُنَّ

Kemudian Malaikat itu mengajakku melanjutkan perjalanan, tiba-tiba aku melihat beberapa wanita yang payudaranya dicabik-cabik ular yang ganas. Aku bertanya: "Kenapa mereka?" Malaikat itu menjawab: "Mereka adalah para wanita yang tidak mau menyusui anak-anaknya (tanpa alasan syar'i)." (HR. Ibnu Hibban).

Berbagai kondisi medis ternyata memang mengakibatkan ibu tidak bisa menyusui anaknya. Misal pada ibu yang positif HIV, menjalani prosedur kemoterapi, atau dalam pengobatan TBC.

Dalam beberapa kasus, kondisi tersebut masih memungkinkan menyusui asal dengan izin dan pantauan dokter. Syarat ini diperlukan supaya bayi tidak tertular virus dalam tubuh ibu, atau mengalami efek samping pengobatan.

Menyusui adalah hal yang sangat disarankan bagi tiap muslim seperti yang tercantum dalam QS Al Baqarah ayat 233,

وَٱلْوَٰلِدَٰتُ يُرْضِعْنَ أَوْلَٰدَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ ۖ لِمَنْ أَرَادَ أَن يُتِمَّ ٱلرَّضَاعَةَ ۚ

Arab latin: Wal-wālidātu yurḍi'na aulādahunna ḥaulaini kāmilaini liman arāda ay yutimmar-raḍā'ah

Artinya: "Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan."

Dengan ayat ini sesungguhnya telah jelas hukum menyusui dalam Islam dan konsekuensi jika tidak melakukannya. Bagi detikers yang ingin membaca lebih lengkap hukum tidak menyusui anak dalam Islam, bisa klik di sini ya



Simak Video "Nurul si Pendongeng Cantik - Sunsilk Hijab Hunt 2019 Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)