Alasan Diwajibkannya Mandi Bagi Tiap Muslim, Haid hingga Sebelum Dikubur

Rosmha Widiyani - wolipop Rabu, 29 Sep 2021 09:45 WIB
Modern Bathroom Interior stock photo - 3d render Foto: Getty Images/CreativaStudio/Alasan Diwajibkannya Mandi Bagi Tiap Muslim, Haid hingga Sebelum Dikubur.
Jakarta -

Ada enam alasan diwajibkannya mandi bagi seorang muslim. Bila mengalami salah satunya, seorang muslim harus mandi wajib sebelum melanjutkan ibadah sholat dan puasa yang terputus.

Dikutip dari situs Kanwil Kemenag DKI Jakarta, ada enam kondisi yang mengharuskan seorang muslim mandi wajib. Berikut penjelasannya,

Alasan diwajibkannya mandi bagi tiap muslim:

1. Bertemunya dua alat kelamin meski tidak keluar mani

Hal ini ditegaskan dalam hadits berikut,

إِنَّ رَجُلاً سَأَلَ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَنِ الرَّجُلِ يُجَامِعُ أَهْلَهُ ثُمَّ يُكْسِلُ هَلْ عَلَيْهِمَا الْغُسْلُ وَعَائِشَةُ جَالِسَةٌ. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « إِنِّى لأَفْعَلُ ذَلِكَ أَنَا وَهَذِهِ ثُمَّ نَغْتَسِلُ ».

Artinya: "Seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah SAW tentang seorang laki-laki yang menyetubuhi istrinya namun tidak sampai keluar air mani. Apakah keduanya wajib mandi? Sedangkan Aisyah ketika itu sedang duduk di samping, maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Aku sendiri pernah bersetubuh dengan wanita ini (yang dimaksud adalah Aisyah, pen) namun tidak keluar mani, kemudian kami pun mandi." (HR Muslim).

2. Keluarnya air mani karena syahwat

Mandi basah termasuk dalam alasan diwajibkannya mandi wajib. Berikut haditsnya,

سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَنِ الرَّجُلِ يَجِدُ الْبَلَلَ وَلاَ يَذْكُرُ احْتِلاَمًا قَالَ « يَغْتَسِلُ ». وَعَنِ الرَّجُلِ يَرَى أَنَّهُ قَدِ احْتَلَمَ وَلاَ يَجِدُ الْبَلَلَ قَالَ « لاَ غُسْلَ عَلَيْهِ ». فَقَالَتْ أُمُّ سُلَيْمٍ الْمَرْأَةُ تَرَى ذَلِكَ أَعَلَيْهَا غُسْلٌ قَالَ « نَعَمْ إِنَّمَا النِّسَاءُ شَقَائِقُ الرِّجَالِ ».

Artinya: "Rasulullah SAW pernah ditanya tentang seorang laki-laki yang mendapatkan dirinya basah sementara dia tidak ingat telah mimpi, beliau menjawab, "Dia wajib mandi". Dan beliau juga ditanya tentang seorang laki-laki yang bermimpi tetapi tidak mendapatkan dirinya basah, beliau menjawab: "Dia tidak wajib mandi." (HR Abu Daud).

3. Usai haid bagi perempuan

Haid atau menstruasi adalah siklus biologi bagi semua perempuan yang tubuhnya memasuki usia dewasa. Aturan ini telah dijelaskan dalam hadits berikut,

فَإِذَا أَقْبَلَتِ الْحَيْضَةُ فَدَعِى الصَّلاَةَ وَإِذَا أَدْبَرَتْ فَاغْسِلِى عَنْكِ الدَّمَ وَصَلِّى

Artinya: "Apabila kamu datang haidh hendaklah kamu meninggalkan shalat. Apabila darah haidh berhenti, hendaklah kamu mandi dan mendirikan shalat." (HR Bukhari).

4. Setelah nifas pada perempuan melahirkan

Kondisi ini biasa terjadi 40 hari setelah seorang wanita bersalin secara normal atau caesar. Berikut hadits yang menjelaskannya,

كَانَتِ النُّفَسَاءُ تَجْلِسُ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَرْبَعِينَ يَوْمًا

Artinya: "Wanita yang nifas, mereka tidak shalat di zaman Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam selama 40 hari." (HR Tirmidzi).

5. Saat seorang muslim meninggal

Ketika muslim wafat dia akan dimandikan keluarga, saudara, dan lingkungan terdekatnya. Rasulullah SAW telah menjelaskan dalam haditsnya,

اغْسِلْنَهَا ثَلاَثًا أَوْ خَمْسًا أَوْ أَكْثَرَ مَنْ ذَلِكَ إِنْ رَأَيْتُنَّ ذَلِكَ بِمَاءٍ وَسِدْرٍ

Artinya: "Mandikanlah dengan mengguyurkan air yang dicampur dengan daun bidara tiga kali, lima kali atau lebih dari itu jika kalian anggap perlu dan jadikanlah yang terakhirnya dengan kafur barus (wewangian)." (HR Bukhari).

6. Baru masuk Islam

Rasulullah SAW dalam haditsnya telah menjelaskan kewajiban orang yang baru masuk Islam (mualaf) untuk mandi wajib. Berikut haditsnya,

أَنَّهُ أَسْلَمَ فَأَمَرَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يَغْتَسِلَ بِمَاءٍ وَسِدْرٍ

Artinya: "Beliau masuk Islam, lantas Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkannya untuk mandi dengan air dan daun sidr (daun bidara)." (HR An Nasai).

Demikian penjelasan alasan diwajibkannya mandi bagi umat Islam. Semoga dapat memudahkan detikers yang harus melaksanakan kewajiban ini ya.



Simak Video "Tren Baju Oversize Disebut Bakal Tetap Diminati Hingga Tahun 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)