Curhat Desy Ratnasari Sempat Lepas Pasang Hijab Hingga Akhirnya Istiqomah

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 09 Jun 2021 19:33 WIB
Gaya hijab desy ratnasari. Gaya hijab Desy Ratnasari. Foto: Dok. Instagram @desyratnasarifans.
Jakarta -

Pemain sinetron dan penyanyi era 90-an, Desy Ratnasari mengungkapkan awal mulanya memakai hijab. Ia yang sudah dua kali gagal dalam menjalani kehidupan rumah tangga langsung memutuskan berhijrah.

Pelantun lagu 'Tenda Biru' itu menceritakan awal mula berhijrah di akun Youtube Shireen Sungkar yang berjudul 'Desy Ratnasari bikin Shireen mewek'.

"Pada saat itu saya memutuskan untuk menikah terus berangkat haji. Karena cita-cita pertama saya kalau menikah saya ingin haji bersama suami. Saya berangkat haji tapi nggak sama suami karena udah keburu divorce," kata Desy.

Desy akhirnya berangkat haji bersama adik-adiknya. Kala itu ia belum mantap berhijab. Namun wanita 47 tahun ini bertekad istiqomah menutup rambutnya ketika sudah menikah untuk yang kedua kalinya.

Foto Shireen Sungkar bersama dengan Desy Ratna Sari.Foto Shireen Sungkar bersama dengan Desy Ratna Sari. Foto: Dok. Instagram @shireensungkar.

Apa mau dikata, rumah tangganya pun kandas lagi. Hal itu membuat Desy Ratnasari langsung introspeksi diri dan memutuskan segera berhijab.

"Harusnya orang pakai hijab itu menjadi lebih baik, harus terpacu untuk tidak gagal," jelasnya.

Saat awal memakai hijab ibu satu anak ini sempat tidak percaya diri dan langsung melepas hijabnya. Neneknya pun langsung mengomentari penampilan Desy karena tidak berhijab.

"Kemudian saya kepikiran untuk memperbaiki diri. Sampai pada satu titik bulan Ramadan, sekitar 9-10 tahun saya buka lemari. Kapan ya saya
pakai hijab lagi? Emangnya Allah kasih saya rezeki lagi untuk mempunyai suami dalam waktu dekat? Mau beristiqomah pakai hijab, kok masih tergantung kepada suami?" tanya Desy dalam pergolakan batinnya.

Desy Ratnasari yang mengawali kariernya lewat ajang pemilihan GADIS Sampul pada usia 14 tahun itu, tergerak hatinya untuk memakai hijab kembali.

"Pada saat sahur saya izin ke ibu dan nenek saya. Nenek bilang begini 'Jangan buka lagi tutup lagi, malu'. Kamu yang tidak baik tapi nanti Islam agamanya yang disalahkan. Jadi kalau kamu tidak istiqomah lebih baik jangan. Tapi saya berusaha meyakinkan ibu saya," ucapnya dengan bahasa Sunda.

Gaya hijab Dessy Ratnasari.Gaya hijab Desy Ratnasari. Foto: Dok. Instagram @vivithalib.

Desy langsung memutuskan memberikan koleksi bajunya sebelum berhijab kepada kerabat dekat agar lebih istiqomah. Semenjak itu, ia hanya mempunyai dua helai baju lengan panjang.

"Saya langsung diam ternyata selama ini tidak mengikuti perintah Allah hidayahnya seperti itu. Baju semahal apapun, kalau terbuka tidak menutup aurat itu tidak mengikuti perintah Allah. Itu saya malu," ucapnya.

Dia melanjutkan, "Sampai sekarang Allah memberikan kemudahan dan bisa tetap istiqomah. Dan anakku Nazwa sudah selama empat tahun belakangan memakai hijab. Sekarang sudah 19 tahun. Dulu dia di sekolah internasional yang tidak boleh pakai hijab, ia langsung ingin sekolah di pesantren."

Selama 16 tahun membesarkan anaknya seorang diri, Desy Ratnasari menanamkan dari dalam dirinya bahwa Allah itu Maha Adil. "Jadi nggak usah sirik sama orang yang punya suami. Karena Allah memberikan ujian sesuai dengan kemampuan kita. Nggak bakal melebihi dari kemampuan," lanjutnya.

Gaya hijab Dessy Ratnasari.Gaya hijab Dessy Ratnasari. Foto: Dok. Instagram @vivithalib.
(gaf/gaf)