Apa Arti Sakinah, Mawaddah, dan Rahmah? Ini Penjelasannya

Anastasia Anjani - wolipop Selasa, 27 Apr 2021 05:30 WIB
Polisi Pakistan menyelamatkan anak berusia 13 tahun yang diduga dipaksa pindah ke agama Islam dan menikah Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Ketika ada orang muslim yang menikah, biasanya para undangan atau yang mendengarkan kabar bahagia tersebut akan mengucapkan doa semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah wa rahmah.

Menikah adalah sunnah dari para Nabi atau suatu perilaku yang dipraktekkan Rasulullah sebagai teladan bagi umat disamping tuntunan dan kebutuhan manusiawi.

Dikutip dalam buku 'Serial Hadits Nikah 1: Anjuran Menikah dan Mencari Pasangan' oleh Firman Arifandi, Lc., MA disebutkan sebuah hadits:

Dari Abdullah bin Mas'ud ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda kepada Kami, "Hai para pemuda! Barangsiapa di antara kamu sudah mampu kawin, maka kawinlah. Karena dia itu dapat menundukkan pandangan dan menjaga kemaluan. Dan siapa yang belum mampu hendaklah dia berpuasa karena itu dapat menahan." (HR. Bukhari Muslim).

Ketika seseorang menikah juga terdapat doa Sakinah untuk kedua mempelai agar menjadi keluarga yang bahagia. Hal tersebut didasarkan pada surat Ar-Rum ayat 21 yaitu:

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya:

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.

Sebenarnya apa arti Sakinah, mawaddah, dan warahmah. Berikut adalah penjelasannya yang dilansir dari situs Pesantren Tebu Ireng:

Sakinah

Sakinah adalah sebuah doa yang ditujukan kepada kedua mempelai pengantin. Sakinah berasal dari kata لتسكنوا إليها yang artinya "agar kamu merasa tentram kepadanya". Untuk mendapatkan keluarga yang sakinah harus adanya usaha suami dan istri membentuk sakinah didalamnya. Sehingga sakinah adalah ketenangan baik dalam bentuk jasmani maupun rohani yang dirasakan oleh pasangan suami istri. Sehingga dalam membentuk keluarga yang sakinah harus dirasakan oleh kedua belah pihak antara suami dan istri agar komunikasinya tetap terjaga.

Mawaddah

Mawaddah berasal dari kata جعل yang berarti Allah memberikan kasih sayang pada pernikahan tersebut tentu yang awalnya harus memenuhi keadaan sakinah terlebih dahulu. Menurut para ulama Mawaddah diartikan menjadi tiga hal.

Pertama bermakna jima' yang berarti hubungan suami istri sudah diatur dalam islam dengan cara yang ma'ruf. Kedua bermakna cinta, Allah telah melimpahkan cinta kepada siapapun yang telah menemukan pasangannya dan cinta tersebut bersifat halal. Cinta tersebut menjadi wasilah untuk beribadah kepada Allah melalui pernikahan untuk menghindari larangan Allah yaitu menjauhi zina dan hal-hal-hal yang mendekati zina.

Ketiga bermakna cinta seorang laki-laki terhadap istrinya dan sebaliknya. Ketika suami istri memutuskan untuk menikah maka mereka harus mewujudkan sakinah dalam rumah tangganya dan Allah melimpahi kebahagiaan untuk keduanya.

Rahmah

Kata rahmah memiliki tiga makna yaitu sebagai berikut:

1. Kata rahmah yang diambil dari kata walad ولد yang berarti siapa yang sudah menemukan pasangannya maka Allah akan memberikannya keturunan sebagai bentuk rahmat yang Allah berikan kepada keduanya. Anak dalam keluarga merupakan sebuah rahmat atau nikmat bagi seorang suami istri karena akan menjadikan keluarga tersebut semakin kokoh.

2. Kata Rahmah selanjutnya adalah belas kasih, simpati, atau kemurahan hati. Hal ini berarti Allah telah memberikan perasaan belas kasih antara suami dan istri.

3. Rahmah yang ketiga bermakna untuk saling menjaga dari bahaya atau hal-hal yang tidak baik. Setelah menikah Allah menjadikan kedua pasangan tersebut memiliki perasaan untuk saling menjaga satu sama lain dari hal-hal yang tidak baik.

Sakinah adalah seperti yang dijelaskan di atas beserta dengan penjelasan mawaddah dan warahmah. Semoga ketika Sahabat Hikmah yang memberikan doa-doa baik kepada orang yang menikah, doanya akan terwujud dalam pernikahan yang sakinah, mawaddah, dan warahmah.



Simak Video "Perceraian Bisa Jadi Pilihan Baik untuk Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)