Kisah Hijrah Anisa Rahma Eks Cherrybelle, Dinyinyirin dan Diminta Buka Hijab

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 24 Apr 2021 03:30 WIB
Kisah hijrah Anisa Rahma Adi, dulu anggota girl band kini tampil syari. Kisah hijrah Anisa Rahma, mantan anggota girl band. Foto: Dok.Instagram @anisarahma_12.
Jakarta -

Anisa Rahma Adi, S.Ars dikenal ketika menjadi anggota Cherrybelle. Selain populer sebagai penyanyi, dia juga seorang aktris dan model. Anisa memutuskan berhijab sejak pertengahan 2016. Dan Anisa mantap mengenakan hijab syari.

Hijab warna pastel menjadi gaya andalannya sehari-hari. Dengan gaya hijab syari, Anisa tetap tampil stylish. Tak heran ia menjadi inspirasi bagi wanita muslimah muda lainnya.

Seperti apa perjalanan hijrah Anisa dari yang awalnya kerap memakai kostum bersama Cherrybelle akhirnya memilih memakai hijab syari? Dalam pogram Terang Hati Trans7, Anisa mengungkapkan ujiannya saat hijrah. Ketika mulai memakai hijab, dia sempat dikira netizen hanya mengikuti tren hijrah.

"Ya biasalah netizen-netizen gitu kan ya? Ada selentingan kayak misalnya yah kok sekarang dihijab-in sih? Padahal cantikan dulu waktu nggak pake hijab. Ah, jelek pakai hijab bagusan rambutnya dilihatin. Terus ada yang bilang, ah paling cuma sementara aja nanti pasti dibuka kok cari sensasi doang ini mah," kata Anisa yang membaca komentar netizen di akun media sosialnya.

Kisah hijrah Anisa Rahma Adi, dulu anggota girl band kini tampil syari.Kisah hijrah Anisa Rahma Adi, dulu anggota girl band kini tampil syari. Foto: Dok.Instagram @anisarahma_12.

Ujian Anisa Rahma Saat Memutuskan Berhijab

Alumnus Institut Teknologi Nasional, Bandung, Jawa Barat itu mengaku sempat diminta membuka kembali hijabnya di awal dirinya memutuskan menutup auratnya. Pada saat itu dia mendapatkan tawaran pekerjaan yang mewajibkannya tidak memakai hijab.

"Pernah ada hampir karena waktu itu sempat pernah dapat kerjaan syuting FTV, terus orangnya belum tahu kalau Anisa sudah berhijab. Terus pas kita kasih tahu sekarang Anisa sudah berhijab, katanya nggak papa, syutingnya awalnya tidak pakai hijab nanti di tengah cerita dia pakai hijab. Dan seterusnya akan berhijab terus kok, nggak berhijabnya waktu di awal aja," kenangnya.

Pada saat itu Anisa Rahma merasa sedih karena orang lain berpikir hijab bisa dilepas pasang. Anisa akhirnya menyampaikan secara halus jika ia sudah mantap berhijab. Ia tak tergoda untuk melepaskan hijabnya, walaupun mendapatkan bayaran yang cukup menjanjikan.

"Akhirnya aku kasih tahu kalau aku sudah berhijab dan tak akan membuka lagi. Jadi maaf ya mba, kita tidak bisa terima ya. Walaupun saat itu bayarannya lumayan kan ya. Kalau aku mikirnya yang penting dapat uang deh, mungkin langsung terima. Tapi alhamdulillah nggak aku terima," ujarnya lega.

Kisah hijrah Anisa Rahma Adi, dulu anggota girl band kini tampil syari.Foto Anisa dan Dito. Foto: Dok.Instagram @anisarahma_12.

Selain mengalami ujian berupa godaan materi, istri dari Anandito Dwis ini juga mengalami ujian lainnya ketika memutuskan berhijab. Sang ayah tercinta meninggal dunia usai menjalani umrah bersama.

"Iya jadi belum sampai satu tahun pakai hijab. Terus dikirain jalannya lurus dan flat-flat aja gitu kan ya? Sudah berhijab terus santai-santai saja. Sempat waktu itu bulan Maret 2019 umrah bareng sama mama dan papa benar-benar merasa kehilangan banget karena dua hari setelah pulang umrah, harus kehilangan orangtua yaitu papa," ucapnya sambil bergetar menahan tangis.

Anisa sempat bertanya dalam hatinya, apakah kehilangan tersebut merupakan proses hijrahnya dan doa-doa kebaikan bisa berpengaruh untuk sang ayah tercinta. Namun ia berusaha ikhlas dan tetap menerima takdir dari Allah SWT.

Anisa Rahma Adi merilis sepatu syar'iAnisa Rahma Adi merilis sepatu syar'i Foto: Instagram @anisarahma_12

Anisa Rahma Merilis Sepatu Syari

Anisa Rahma kini sukses terjun ke dalam industri fashion muslimah. Ia dan suaminya merilis brand yang diberi nama Muwaa, yang artinya adalah suara kucing dalam bahasa Arab. Salah satu produknya adalah sepatu syari, khimar, busana syari dan juga Al-Qur'an.

Sepatu dengan label syar'i yang dirilis Anisa Rahma ini bisa dibilang jarang ada. Anisa mengaku ingin menjawab kebutuhan wanita muslimah yang kerap memakai busana syar'i, agar tetap bersih.

"Supaya pakaian kita bisa dipakai untuk salat, kita bikin inovasi membuat sol tinggi. Lebih ke arah nggak mudah kotor gamisnya. Sehingga kita kalau mau salat pun lebih yakin. Walau pun najis kering itu langkah selanjutnya adalah membersihkannya. Tetapi kan untuk najis yang basah itu tidak termasuk. Jadinya kita nggak tahu nih, najis yang sudah kita injak itu yang kering atau basah di jalan," ungkap Anisa Rahma menjelaskan soal alasannya membuat sepatu syari saat konferensi pers virtual peluncuran sepatu syar'i miliknya belum lama ini.

Kini selain sepatu syari, wanita 30 tahun itu juga membuat koleksi Lebaran series. Dia menerima pesanan busana Hari Raya melalui sistem pre order.

Anisa Rahma Adi merilis sepatu syar'i.Anisa Rahma Adi merilis sepatu syar'i. Foto: Instagram @ananditodwis
(gaf/eny)