Hikmah Membaca Surat Maryam untuk Ibu Hamil, Apa Saja Ya?

Puti Yasmin - wolipop Kamis, 25 Mar 2021 10:48 WIB
Front view of cropped long hair brunet caucasian pregnant woman, sitting in crossed legs, in yoga pose, in bed at home, holding her belly with hand. Maternity, pregnancy, new life. Foto: Getty Images/iStockphoto/Basilico Studio Stock/Hikmah Membaca Surat Maryam untuk Ibu Hamil, Apa Saja Ya?
Jakarta -

Setiap surat dalam Al Quran memiliki keistimewaan tersendiri, termasuk surat Maryam. Apalagi, dipercaya bahwa surat Maryam untuk ibu hamil memiliki manfaat, seperti kelancaran persalinan.

Pasalnya, proses kehamilan hingga persalinan merupakan suatu yang berat bagi seorang ibu. Sebab, mereka harus berjuang antara hidup dan mati untuk melahirkan sang buah hati.

Oleh karena itu, Islam memuliakan seorang ibu yang telah mengandung selama 9 bulan dan merawatnya. Hal ini tertulis dalam Quran surat Luqman ayat 14, Allah SWT berfirman agar umat Islam memuliakan sang Ibu

Arab: وَوَصَّيْنَا الْاِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِۚ حَمَلَتْهُ اُمُّهٗ وَهْنًا عَلٰى وَهْنٍ وَّفِصَالُهٗ فِيْ عَامَيْنِ اَنِ اشْكُرْ لِيْ وَلِوَالِدَيْكَۗ اِلَيَّ الْمَصِيْرُ

Latin: wa waṣṣainal-insāna biwālidaīh, ḥamalat-hu ummuhụ wahnan 'alā wahniw wa fiṣāluhụ fī 'āmaini anisykur lī wa liwālidaīk, ilayyal-maṣīr

Artinya: Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.

Bahkan, dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda agar ibu mendapatkan keutamaan dari anaknya tiga kali dibanding dengan sang Ayah.

Salah seorang sahabat bertanya kepadanya, "Wahai Rasulullah, kepada siapakah seharusnya aku harus berbakti pertama kali?" Nabi memberikan jawaban dengan ucapan "Ibumu" sampai diulangi tiga kali, baru kemudian yang keempat Nabi mengatakan "Ayahmu".

Nah, apa manfaat surat Maryam untuk ibu hamil? Baca selengkapnya DI SINI ya!

(pay/erd)