World Hijab Day 2021 Dirayakan Secara Virtual, Gaungkan #EndHijaboPhobia

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 02 Feb 2021 16:00 WIB
Aksi World Hijab Day. Trifty Qurota, ambasador World Hijab Day Indonesia. Foto: Dok. Instagram @worldhijabday.
Jakarta -

World Hijab Day (WHD) atau Hari Hijab Sedunia adalah acara tahunan yang digelar setiap tanggal 1 Februari. Pada 2021 ini, World Hijab Day memasuki tahun ke 8.

World Hijab Day sendiri awalnya digelar dengan tujuan agar penduduk di seluruh dunia dari semua agama dan latar belakang tertarik untuk mencoba mengenakan hijab (penutup kepala), selama satu hari. Hal itu dilakukan dalam rangka mengkampanyekan solidaritas dengan wanita Muslim di seluruh dunia.

Selain itu, misi dari gerakan World Hijab Day ini adalah menciptakan kedamaian dan saling menghormati. Dan untuk memerangi diskriminasi dan prasangka terhadap wanita Muslim. Sebab di beberapa negara hijab masih dilarang dan wanita Muslim menjadi target dan dilecehkan secara verbal dan fisik.

Penggagas aksi World Hijab Day adalah Nazma Khan dari New York, Amerika Serikat. Dia memulai aksi tersebut pada 1 Februari 2013. Ia sebelumnya pernah mengalami diskriminasi pada saat memakai hijab. Semenjak itu, ia merasa perlu speak up dan bertindak agar hal demikian tidak terulang kembali.

Gerakan World Hijab Day 2021Gerakan World Hijab Day 2021. Foto: Dok. World Hijab Day.

Kini pada masa pandemi, World Hijab Day 2021 atau Hari Hijab Sedunia diadakan secara virtual. Pada tahun ini tema yang digaungkan menggunakan tagar #EndHijabophobia. Perwakilan dari Indonesia didapuk untuk mengisi acara Hari Hijab Sedunia kali ini melalui talkshow bertajuk Stigma negatif Hijab di Media, pada Senin (1/2/2021).

Ialah Trifty Qurrota, perwakilan Indonesia yang dipercaya mengisi talkshow Citra Hijab di Media bersama narasumber Mnar Adley, Zainab Merchant, Masla Tahir, dan Fatima Al-Sayed . Trifty merasa senang ketika dipercaya untuk membawakan acara tahunan tersebut.

world hijab dayWorld hijab day. Foto: Gresnia Wolipop.

"Aku merasa senang karena bisa dipercaya langsung oleh founder World Hijab Day di Amerika untuk menjadi host konferensi tingkat internasional. World Hijab day conference ada empat talkshow dengan tema beda-beda. Setiap talkshow dipimpin satu host dan mengundang empat pembicara. Konferensi internasional ini total menghadirkan empat host dan 16 pembicara dari negara yang berbeda-beda. Aku mewakili Indonesia dipercaya menjadi host di salah satu talkshow dengan tema Demonization of Hijab in Media, karena selain aku world hijab ambassador, aku juga memiliki background bekerja di Media," kata Trifty, Selasa (2/1/2021).

Acara tersebut disiarkan langsung di beberapa radio, ITV dan stasiun televisi di Amerika Serikat. Trifty menjelaskan jika dalam gelaran Hari Hijab Sedunia kali ini, membahas bagaimana citra hijab di media, khususnya media di negara-negara barat.

"Karena pembicaranya para jurnalis di Amerika dan Kanada, jadi diskusinya sangat inspiratif. Semoga semua topik yang dibahas dalam konferensi bisa bermanfaat untuk masyarakat, khususnya para wanita muslimah," jelasnya mengenai talkshow yang merupakan bagian dari World Hijab Day 2021 itu.

Aksi World Hijab Day.Aksi World Hijab Day. Foto: Dok. Instagram @worldhijabday.

Lihat juga video 'Tips Bikin Konektor Masker Tanpa Mesin Jahit':

[Gambas:Video 20detik]



(gaf/eny)