Intip Perayaan World Hijab Day di Indonesia

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 02 Feb 2020 15:01 WIB
world hijab day Perayaan World Hijab Day 2020 di Indonesia.Foto: Gresnia Wolipop
Jakarta -

World Hijab Day yang diperingati setiap tanggal 1 Februari digagas pertama kali oleh Nazma Khan, aktivis sosial kelahiran Bangladesh yang pindah ke Amerika Serikat sejak usia belia. Ia menjadi satu-satunya perempuan berhijab di lingkungan sekolahnya sehingga mengalami masa-masa sulit dan mendapat diskriminasi sosial.

Dari pengalaman itu, Nazma mencoba menumbuhkan toleransi dan pemahaman ideologi mengenai hijab dengan mengundang seluruh wanita di dunia, baik berhijab maupun tidak, bahkan non-Muslim, untuk mencoba berpartisipasi mengenakan hijab selama satu hari penuh. Hari itulah yang jatuh pada 1 Februari disebut sebagai 'World Hijab Day'.

Kini, World Hijab Day menjadi organisasi non-profit yang mengajak para muslimah untuk menyebarkan semangat dan inspirasi positif melalui hijab. World Hijab Day juga pun diperingati setiap tanggal 1 Februari di sekitar 190 negara, termasuk Indonesia.



Untuk memudahkan koordinasi di berbagai negara, World Hijab Day mempunyai perwakilan yang disebut sebagai 'Ambassador'. Saat ini, ada kurang lebih 20 Ambassador dari seluruh negara partisipan. Setiap negara tidak dibatasi untuk mempunyai sejumlah Ambassador. Di Indonesia, terdapat empat World Hijab Day Ambassador, yaitu: Trifty Qurrota (Bogor), Caesaria Apriliani (Jakarta), Alin Rizkiana (Tangerang), dan Maria Hendrika (Jawa Barat).

Dalam memperingati World Hijab Day tahun 2020 ini, tema tentang 'Empowered in Hijab' dengan hastag #EmpoweredInHijab dipilih. Tema ini diangkat karena ingin menyebarluaskan pemikiran bahwa hijab bukan sebagai penghalang bagi wanita muslimah di seluruh dunia untuk beraktivitas di berbagai bidang. Justru, saat para muslimah berhijab ini diberikan kesempatan untuk 'tampil' dan berkontribusi, mereka dapat membawa dampak besar dan inspirasi positif di lingkungannya.

Di Indonesia sendiri, 'Empowered in Hijab' diterjemahkan sebagai sebuah semangat bagi wanita muslim untuk terus mengasah kemampuan diri agar dapat mengambil peran dalam berbagai bidang yang disukainya. Sehingga, para muslimah dapat saling membantu muslimah lain, bahkan masyarakat pada umumnya, di berbagai bidang kehidupan.

Dalam rangka mempromosikan kampanye #empoweredinhijab, sejumlah acara pun digelar sebagai bagian dari perayaan World Hijab Day 2020. Berikut rangkaian acara yang dilakukan 'Ambassador World Hijab Day' di Indonesia bersama Hijab Motion, sebuah komunitas muslimah di Indonesia, dalam rangka memperingati World Hijab Day 2020:

Hijab on The Street

Perayaan World Hijab Day 2020 di IndonesiaPerayaan World Hijab Day 2020 di Indonesia Foto: Gresnia Wolipop



Pada Minggu (2/2/2020) pukul 07.00-10.00 WIB, Car Free Day di Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta. Aktivitas yang dilakukan antara lain berbagi hijab (giveaway), tutorial hijab, donasi hijab (charity dropbox), dan games.



Public Speaking Workshop

'Share Your Stories, Empower Others' bersama Speak Project Minggu (2/2/2020) pukul 14.00 WIB, Hotel Dharmein, Kawasan Blok M, Jakarta. Pelatihan seni berbicara di depan publik ini memberikan pembekalan kepada para peserta untuk berkomunikasi secara terbuka dan menyampaikan pesan positif dengan baik.

Perayaan World Hijab Day 2020 di IndonesiaPerayaan World Hijab Day 2020 di Indonesia Foto: Gresnia Wolipop



Dengan peringatan World Hijab Day ini, Caesaria Apriliani, World Hijab Day Ambassador - Indonesia, berharap acara World Hijab Day dapat diterima secara positif di Indonesia. Karena ide utamanya adalah setiap wanita di dunia mendapat kesempatan yang memuaskan rasa penasaran mereka tentang Islam atau tentang hijab, dengan mencoba mengenakan hijab setiap tanggal 1 Februari.

"Sehingga, sesama wanita justru saling mengangkat kepercayaan diri, saling dukung satu sama lain, saling percaya dan menebar kebaikan, tak peduli apapun kepercayaannya," ungkap Caesaria dalam keterangan pers yang diterima Wolipop, Minggu (2/2/2020).

Senada dengan Caesaria, Trifty Qurrota Aini, World Hijab Day Ambassador - Indonesia, mengatakan bawah public speaking workshop dipilih untuk diadakan dalam peringatan World Hijab Day 2020 karena public speaking merupakan salah satu kemampuan (skill) yang sangat dibutuhkan di berbagai bidang, terlebih dalam dunia kerja.



Simak Video "Melihat Penghasil Baju Apung Pertama di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)