Perjalanan Hijrah Soraya Abdullah, Artis yang Meninggal Dunia karena Corona

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 01 Feb 2021 17:01 WIB
Soraya Abdullah Soraya Abdullah meninggal dunia karena Corona. Foto: dok detikHOT.
Jakarta -

Kabar duka kembali menyelumuti dunia hiburan tanah air. Aktris yang mempunyai nama lengkap Soraya Abdullah Balvas meninggal dunia.

Soraya Abdullah meninggal dunia di Rumah Sakit Siloam Kelapa Dua, Tangerang. Ia didiagnosis terpapar Covid-19 dengan komorbid asma, yaitu gangguan penyakit penyerta yang menyerang saluran pernafasan.

Wanita yang akrab biasa disapa Aya ini melejit setelah membintangi sinetron Tersanjung pada tahun 90an dan sinetron Gerhana 2. Soraya Abdullah juga melekat dengan tokoh antagonis jika bermain peran di sinetron.

Soraya Abdullah Hijrah

Soraya Abdullah ini memutuskan hijrah sejak 2005 dan berhijab pada 2007. Perceraian dengan suami pertamanya, menuntun Soraya untuk memperdalam agama dan akhirnya mantap berhijab. Setelah hijrah, Soraya Abdullah sudah benar-benar meninggalkan dunia hiburan. Dia memakai cadar dan mencari nafkah lewat bisnis.

Penampilan Aya pun kini berbeda, dia selalu memakai baju muslim serba hitam. Menurutnya, selama menjadi artis semua warna dan pakaian sudah pernah dia gunakan. Menikmati metamorfosisnya, ibu dua anak itu tidak merasa rugi. Aya telah menikah lagi dengan Alaa Abdulkarim Adly Abbas Elkasaas pada 5 Mei 2017.

Soraya Abdullah Bisnis Travel Bersama Suami

Semasa hidupnya, Soraya Abdullah lebih memilih aktif berdakwah dan juga memperdalam ilmu agama. Akun Instagramnya @umm_shaheeda_jannah yang sudah memiliki lebih dari 57 ribu pengikut itu dikunci. Salah satu sahabatnya Indadari mengatakan sosok Soraya yang selalu ikhlas dan penuh semangat.

"Allahumaghfirlaha, Warhamha, Wa'fihi Wa'fuanha.. Telah berpulang.. Sahabat kita, sosok yg saya bersaksi dia adalah sosok yg shaliha, baik dan sosok yg selalu terlihat ikhlas, penuh semangat dan peduli mendakwahkan Islam melalui travelnya," tulis akun Instagram @indadari (1/2/2021).

Soraya Abdullah dan suaminya diketahui membuka bisnis travel Saba Khidmah Mumtazah. Travel tersebut merupakan biro perjalanan yang memberangkatkan jamaah ke tanah suci dan melayani perjalanan Mesir, Palestina, Jordan, Uzbekistan, serta Turki.

Restoran Bumbu Indonesia Cairo

Selain mengelola bisnis travel bersama suaminya, Soraya Abdullah juga mempunyai restoran bumbu Indonesia Cairo @restoran_bumbu_indo_cairo. Racikan berbagai masakan khas Indonesia dengan sentuhan khas Timur Tengah. Restoran tersebut diresmikan pada 19 November 2020. Namun dari keterangan di akun Instagramya, restoran tersebut sedang tutup sementara dan akan dibuka kembali.

(gaf/eny)