Arti Tabarakallah dan Jawabannya Lengkap, Jangan Salah Jawab!

Puti Yasmin - wolipop Senin, 01 Feb 2021 05:30 WIB
Young Woman Praying. Young Muslim woman praying, indoors. Young Muslim woman in beige hijab and traditional clothes praying for Allah, copy space. Arab Muslim woman praying Foto: Getty Images/iStockphoto/dragana991/Arti Tabarakallah dan Jawabannya Lengkap, Jangan Salah Jawab!
Jakarta -

Kalimat tabarakallah biasa diucapkan umat Muslim. Namun, masih banyak yang tidak mengetahui arti tabarakallah dan jawabannya. Berikut penjelasannya.

Tak cuma tabarakallah, kalimat lengkap yang biasa diucapkan adalah 'MasyaAllah tabarakallah lailahaillallah'. Hal ini biasa dituliskan juga dalam postingan maupun di akhir obrolan.

Tabarakallah Itu Artinya Apa?

  • Arti Tabarakallah

Menurut Tafsir Al Quranul Karim Surat Al Kahfi, Syaikh Muhammad bin Shalih Al 'Utsaimin arti tabarakallah adalah 'Semoga Allah memberkahimu'. Selain itu, kalimat tersebut juga biasa diartikan sebagai 'berkat Allah semua terjadi'.

Kalimat ini juga tertulis di dalam Al Quran surat Al A'raf ayat 54, Allah SWT berfirman

Arab: تَبٰرَكَ اللّٰهُ رَبُّ الْعٰلَمِيْنَ
Latin: tabarakallahu rabbul-alamin
Artinya: Mahasuci Allah, Tuhan seluruh alam.

Kemudian, kalimat 'MasyaAllah' memiliki dua arti, yakni 'inilah yang dikehendaki oleh Allah' dan juga 'apa yang dikehendaki oleh Allah, maka itulah yang akan terjadi'.

Allah SWT dalam Quran surat Al Kahfi ayat 39 berfirman menggunakan kalimat Masya Allah

Arab: مَا شَاۤءَ اللّٰهُ ۙ لَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللّٰهِ
Latin: MasyaAllahu la quwwata illa billah
Artinya: Sunguh, atas kehendak Allah, semua ini terwujud

Sehingga, kalimat 'MasyaAllah tabarakallah' memiliki makna untuk mendoakan sesuatu yang dilihat agar menjadi lebih berkah.

  • Balasan Jawaban MasyaAllah Tabarakallah

Untuk membalas doa tersebut, umat Islam bisa mengucapkan 'Wafiika barakallah' untuk pria dan 'Wa fiiki barakallah' untuk wanita. Kalimat itu memiliki arti 'Semoga Allah memberkahimu juga'.

Sahabat Hikmah, jangan lupa arti tabarakallah dan jawabannya ya!



Simak Video "Nurul si Pendongeng Cantik - Sunsilk Hijab Hunt 2019 Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)