Ini Arti Masha Allah Tabarakallah yang Sering Ditulis Selebgram di Medsos

Silmia Putri - wolipop Jumat, 01 Mar 2019 14:30 WIB
Arti Masha Allah Tabarakallah. Foto: Unsplash/ImatBagja Arti Masha Allah Tabarakallah. Foto: Unsplash/ImatBagja

Jakarta - Seiring menggaungnya fenomena hijrah di Instagram, semakin banyak selebriti yang mengubah gaya hidupnya menjadi lebih Islami. Sebut saja Zaskia Sungkar hingga Kartika Putri yang kini tampil lebih syar'i.

Selain itu, semakin banyak hijabers yang mengucapkan kalimat Allah atau dzikir di media sosial. Contohnya saja tagar #MashaAllahTabarakallah kini sudah diunggah sebanyak lebih dari 1500 kali di Instagram.

"Bismillah semoga Bia dan Abi bisa selalu mendampingi dan bimbing kalian supaya selamat & bahagia di dunia dan akhirat. Amin. #MashaallahTabarakallah," tulis Zaskia Sungkar pada salah satu fotonya yang diunggah di Instagram.



Ini Arti Masha Allah Tabarakallah yang Sering Ditulis Selebgram di MedsosUcapan Masha Allah Tabarakallah di media sosial. Foto: Instagram/Zaskia Adya Mecca


Apa sebenarnya arti Masha Allah Tabarakallah?

Menurut Tafsir Al Quranul Karim Surat Al Kahfi, Syaikh Muhammad bin Shalih Al 'Utsaimin ucapan Masha Allah memiliki dua makna. Arti Masha Allah yang pertama yaitu inilah yang dikehendaki oleh Allah". Sedangkan arti Masha Allah yang kedua adalah "apa yang dikehendaki oleh Allah, maka itulah yang akan terjadi".

Sedangkan arti Tabarakallah adalah 'semoga Allah memberkahimu'. Ada pula yang menafsirkan ucapan Tabarakallah dengan 'berkat Allah semua terjadi'.

Ucapan masha Allah umum diucapkan saat melihat sesuatu yang mengagumkan. Dengan mengucapkan kalimat tersebut, kita mengakui bahwa apa yang membuat kita kagum adalah semata-mata kuasa Allah.

Menambahkan kalimat Tabarakallah berarti mendoakan sesuatu yang kita lihat agar menjadi lebih berkah. Ucapan Masha Allah Tabarakallah yang ditulis oleh para hijabers di media sosial merupakan doa agar apa yang diperlihatkan menjadi lebih berkah sekaligus mengungkapkan kekaguman terhadap kuasa Allah SWT. (sil/sil)