10 Ucapan Selamat Hari Ibu dalam Islam Beserta Doanya

Lusiana Mustinda - wolipop Selasa, 22 Des 2020 17:30 WIB
Fashion portrait of a Muslim woman wearing the hijab and looking at the camera Foto: Getty Images/andresr
Jakarta -

Ucapan selamat Hari Ibu bisa kamu bagikan tidak hanya kepada orangtua tetapi juga teman yang sudah menjadi ibu. Yuk intip ucapan selamat Hari Ibu yang Islami.

Hari Ibu dirayakan setiap tanggal 22 Desember. Ucapan selamat Hari Ibu juga bisa sekaligus diiringi dengan doa. Doa menjadi satu-satunya hadiah terbaik untuk ibu. Allah SWT memerintahkan setiap umatnya untuk selalu berbakti kepada kedua orang tua.

Allah SWT berfirman dalam surat Luqman ayat 14:

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ

Artinya: "Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu."

Berikut ini ucapan selamat hari Ibu dalam Islam :

1. "Ketika hati tak menentu, jagalah lidah dari ucapan. Terkadang diam mempunyai peran penting agar tak menyakiti seseorang, terutama dari ibumu."

2. "Teruntuk ibu terbaik di dunia, kau membuatku tersenyum, mencerahkan hariku, dan memberiku hidupku arti. Tak bisa kubayangkan hidup tanpa senyummu. Selamat Hari Ibu!"

3. "Pada Hari Ibu ini, semoga semua yang terbaik dan yang termanis terjadi di hidupmu. Dan semoga Allah SWT selalu melindungi di setiap langkah Ibu."

4. "Ibu memberiku masa kecil yang indah dan membawa kegembiraan dalam hidupku. Selamat Hari Ibu."

5. "Hanya ingin memastikan, engkau tahu betapa aku mencintai dan menghargaimu, tidak hanya di Hari Ibu tetapi setiap hari."

6. Ya Allah ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku". (QS : An-Nuh : 28)

7. Ya Allah, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri ni`mat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku. Dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhoi."

8. "Ya Allah. Balaslah kebaikan mereka (ibu dan bapak) karena telah mendidikku. Berikan ganjaran kepada mereka karena telah memuliakanku. Jagalah mereka sebagaimana mereka memeliharaku pada masa kecilku."

9. "Duhai Tuhanku. Bagaimana harus kubalas budi kedua orangtua. Lamanya kesibukan mereka untuk mengurusku. Beratnya kelelahan mereka menjagaku. Dan penanggungan mereka akan kesempitan untuk memberikan keleluasaan bagiku."

10. Be respectful to women, for they are the mothers of mankind. - Ali bin Abi Thalib


Adapun doa yang bisa dibaca agar ibu senantiasa diberikan perlindungan serta kesehatan oleh Allah SWT adalah:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

Allaahummaghfirlii waliwaalidayya warham humma kamaa rabbayaa nii shaghiiraa

Artinya: "Ya Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (ibu dan bapakku), sayangi-lah mereka seperti mereka menyayangiku sewaktu kecil."

Dan kamu bisa juga membaca doa memohon ampun dari surat Ibrahim ayat 41 yang berbunyi:

رَبَّنَا اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ يَوْمَ يَقُوْمُ الْحِسَابُ

rabbanagfir lii wa liwaalidayya wa lil-mu`miniina yauma yaqụmul-ḥisaab

Artinya: "Ya Tuhan kami, ampunilah aku dan kedua ibu bapakku dan semua orang yang beriman pada hari diadakan perhitungan (hari Kiamat)."

Selamat Hari Ibu untuk semua para Bunda di Indonesia.





Simak Video "Kisah di Balik Perayaan Hari Ibu Dunia "
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)