Ucapan dan Doa untuk Bayi Baru Lahir, Semoga Jadi Anak Saleh serta Salihah

Erwin Dariyanto - wolipop Kamis, 10 Des 2020 11:06 WIB
A Muslim woman is laying in a hospital bed. She is holding her newborn son on her lap. She is watching over her baby while he sleeps. Ilustrasi ucapan dan doa untuk bayi baru lahir (Foto: iStock)
Jakarta -

Berbagai ucapan dan doa untuk bayi baru lahir disampaikan saat sepasang suami istri baru saja dikarunia seorang anak. Bagi seorang Ibu, melahirkan adalah momen spesial dan sangat dinantikan oleh pasangan suami istri serta keluarganya.

Setelah 9 bulan berada di kandungan, lahirnya sang buah hati menjadi nikmat yang patut disyukuri. Sebab melahirkan dan mendapatkan karunia momongan adalah anugerah dan amanah dari Allah SWT.

Dikutip dari buku 'Doa 1.000 Hari Pertama Kehidupan Anak', saat bayi lahir, hal pertama yang dilakukan orang tua adalah mengumandangkan adzan dan iqomah di telinga kanan serta kiri anaknya. Hal ini diriwayatkan dari 'Ubaidillah bin Abi Rofi', (ayahnya Abu Rofi'), beliau berkata:

رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَذَّنَ فِي أُذُنِ الْحَسَنِ بْنِ عَلِيٍّ حِينَ وَلَدَتْهُ فَاطِمَةُ بِالصَّلَاةِ

Artinya:

"Aku telah melihat Rasulullah mengumandangkan adzan di telinga Al Hasan bin 'Ali ketika Fathimah melahirkannya dengan adzan shalat." (HR. Ahmad, Abu Daud dan Tirmidzi)

Dalam salah satu kitabnya Sayyid Muhammad bin 'Ali al-Tarimi menyebutkan ada beberapa dzikir dan doa untuk bayi baru lahir yang bisa diamalkan oleh orang tua. Amalan itu adalah membaca adzan pada telinga bayi sebelah kanan dan iqamah pada telinga bayi sebelah kiri, membaca surat al-Ikhlash pada telinga bayi sebelah kanan dan membaca surat al-Qadr pada telinga bayi sebelah kanan.

Selanjutnya membaca doa pada telinga bayi sebelah kanan. Adapun lafadz doanya adalah:

اللهم اجْعَلْهُ بَارًّا تَقِيًّا رَشِيْدًا وَأَنْبِتْهُ فِي الْإِسْلَامِ نَبَاتًا حَسَنًا

Latin: Allâhummaj'alhu bârran taqiyyan rasyîdan wa-anbit-hu fil islâmi nabâtan hasanan.

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah ia (bayi) orang yang baik, bertakwa, dan cerdas. Tumbuhkanlah ia dalam islam dengan pertumbuhan yang baik."


Membaca ayat Q.S. Ali Imran (3: 36) pada telinga bayi sebelah kanan

وَإِنّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ


Latin: Wa innî 'uiidzu bika wadzurriyyatahâ minasysyaithânir rajîm

Artinya: "Aku memohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau dari pada setan yang terkutuk."


Membaca doa berikut pada telinga bayi sebelah kanan:

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّآمَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَآمَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَآمَّةٍ


Latin: A'ûdzu bikalimatiLlâhi at-tâmmati min kulli syaithânin wa hâmmatin wamin kulli 'ainin lâmmatin

Artinya: "Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah dari segala setan, kesusahan, dan pandangan yang jahat."


Ada 4 Ucapan dan Doa untuk Bayi Baru Lahir. KLIK DI SINI UNTUK MEMBACA SELENGKAPNYA



Simak Video "Nurul si Pendongeng Cantik - Sunsilk Hijab Hunt 2019 Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/nwy)