Doa untuk Pengantin yang Menikah Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Lusiana Mustinda - wolipop Rabu, 25 Nov 2020 14:16 WIB
Cincin Pernikahan Foto: Frank & Co
Jakarta -

Doa untuk pengantin yang menikah senantiasa dibaca oleh Rasulullah SAW saat sahabat atau orang lain menikah. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Al Hakim dan Al Thahawi, menikah dapat melindungi separuh agama.

Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa menikah, dia telah melindungi separuh agamanya, karena itu hendaklah dia bertakwa kepada Allah dalam memelihara separuhnya lagi." (HR Al Hakim dan Al Thahawi).

Di masa Rasulullah SAW beberapa sahabat berniat untuk tidak menikah. Mereka ingin melajang dengan alasan agar dapat terus meningkatkan ibadah.

Rasulullah SAW pun menjelaskan seperti yang diriwayatkan Al Bukhari:

"Benarkah kalian telah berkata begini dan begitu? Demi Allah, sesungguhnya akulah yang paling takut kepada Allah dan paling takwa kepada-Nya di antara kalian. Akan tetapi, aku berpuasa dan aku berbuka, aku sholat dan aku pun tidur, aku juga menikahi perempuan. Maka barang siapa tidak menyukai Sunnahku, ia tidak termasuk golonganku". (HR Al-Bukhari).

Dikutip dalam buku "Hukum dan Etika Pernikahan dalam Islam oleh Ali Manshur, pernikahan merupakan tuntunan dari Allah SWT yang harus dijaga dan dirawat oleh suami dan istri agar rumah tanga senantiasa bahagia.

Jika pernikahan tidak dijaga dan dirawat dengan baik, maka akan mengakibatkan perceraian. Meskipun perceraian diperbolehkan, akan tetapi hal tersebut sangat dibenci oleh Allah SWT. Hal ini berdasarkan hadits berikut:

"Katsir bin Ubaid telah menceritakan kepada kami: Muhammad bin Khalid telah menceritakan kepada kami: Dari Mu'arrif bin Washil, dari Muharib bin Ditsar, dari Ibnu Umar, dari Nabi SAW, beliau bersabda: Perceraian adalah perkara halal yang paling dibenci oleh Allah Azza Wajalla." (HR. Abu Daud no. 2178).

Sehingga sebaiknya kita senantiasa mendoakan sesama Muslim yang sedang menikah. Doa terbaik dapat mengantarkan kedua pengantin mendapatkan kehidupan rumah tangga yang sakinah, mawadah dan warohmah.

Doa untuk pengantin agar terhindar dari sifat buruk dan memiliki hubungan yang langgeng KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA.



Simak Video "Kisah Guru dan Murid di Jakarta Timur Menikah Jadi Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)