Model Hijab Halima Aden Dikritik karena Tulis Alhamdulillah Jadi Alxamdulillah

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 24 Nov 2020 16:03 WIB
halima aden Halima Aden (Foto: Getty Images for Tommy Hilfiger/Stuart C. Wilson)
London -

Halima Aden dikenal sebagai sosok model muslimah yang berhasil mencetak berbagai sejarah dalam industri fashion. Halima kini jadi atensi lagi namun bukan karena pencapaian barunya, melainkan banjir kritik di akun Instagramnya @halima. Penyebabnya dikritik karena dia menulis kata Alhamdulillah menjadi Alxamdulillah.

Halima Aden menuliskan kata mutiara tentang rasa syukur tentang apa yang kini dimiliki. Dalam menulis status tersebut di Instagram, dia menulis Alhamdulillah menjadi Alxamdulillah.

"Happiness and contentment coms from being grateful, and appreciating the things and people you have in your life, not getting the things you don't. Reflect on your situation often, note all the good that's happening to you. Say alxamdulillah," tulis @halima (21/11/2020).

Dalam keterangan yang ada dipostingan tersebut Halima mengajak pengikutnya di Instagram untuk mensyukuri kehidupan agar bisa merasa bahagia. Menurutnya perasaan bahagia bisa muncul ketika kita mensyukuri apa yang ada di dalam hidup ini, bukan mencari yang tidak didapatkan.

Hingga Selasa (24/11/2020) unggahan Halima Aden itu sudah mendapatkan lebih dari 19.800 Likes dan 535 komentar. Dan postingan wanita yang sudah dikontrak oleh IMG Models ini juga mendapatkan berbagai kritik dari warganet.

"Maksud kamu Alhamdulillah," ujar pengguna Instagram @ilussuna.

"Saya tidak bisa mengatakan itu alx yang lebih baik," tulis aku @mhashi24

Namun banyak juga yang membela Halim Aden. Menurut mereka yang membela, pelafalan Alhamdulillah memang bisa berbeda-beda di setiap negara.

"Sebagai wanita muslim Turki, aku mengerti dengan pendapat kamu. Dan mengucapkan Alhamdulillah seperti yang lazim diucapkan oleh warga muslim Turki," ucap akun @Sizkimbagiriyorsunuz.

"Tidak peduli bagaimana kamu mengatakan itu adalah arti yang sama. Setiap bahasa memiliki kata-kata yang berbeda. Sedih rasanya sebagai umat Islam sehingga kita menilai umat Islam lainnya karena tidak mengucapkan kata-kata dalam bahasa Arab pada umumnya. Bahasa Arab bukan satu-satunya yang diucapkan oleh umat Islam. Berhenti menilai, saya sebagai warga muslim Albania juga mengucapkan Elhamdulillah. Ini tidak salah, hanya saja bahasa yang berbeda," timpal akun @shpresalljazi.

Sadar tulisan Alxamdulillah di unggahannya jadi kontroversi, Halima langsung membuat klarifikasi di Instagram Storynya. Dia menjelaskan jika huruf H dalam Somalia sama artinya dengan huruf X.

"No.. I means Alxamdulillah because I am Somali not Arab. X means H in Somali & Islam is a universal religgion. Some of you are not ready for this conversation. Peace & blessing always," balasnya yang tak ingin lagi ada perdebatan dalam penulisan tersebut.

(dtg/dtg)