Cucunya Viral, Identitas Pria Berpeci di Buku Iqra Terungkap, Ini Dia Sosoknya

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 16 Nov 2020 14:44 WIB
Frideswidi Aufi, Cucu penulis buku Iqra. (Foto: TikTok)
Yogyakarta -

Dari sekian banyak TikTokers Indonesia yang viral baru-baru ini, ada nama Frideswidi Aufi. Suka berbagi konten yang berbau Islami, gadis 21 tahun ini makin merebut atensi karena memiliki hubungan darah dengan sosok pria yang selalu menghiasi sampul belakang buku Iqra.

Frideswidi Aufi adalah cucu dari KH As'Ad Humam, penulis buku Iqra yang tersohor itu. Pada zaman sekarang ini buku Iqra wajib dimiliki oleh umat Muslim agar bisa membaca Al Quran. Iqra mengajarkan cara cepat bisa membaca Al Quran.

Frideswidi Aufi mengutarakan, dirinya baru bermain TikTok pada awal masa pandemi, sekitar Maret atau April lalu. Konten-konten yang diunggahnya melalui akun @fridesides pun kala itu tak berkaitan dengan Islam.

Sampai suatu ketika ia mendapati seorang pengguna TikTok menjadi bulan-bulanan netizen karena teknik membacanya dengan irama. "Teman-teman netizen di TikTok nggak terima seakan si creator ini mempermainkan bacaan," ungkap Frideswidi saat dihubungi Wolipop detikcom, Minggu (15/11/2020).

Ia pun mencoba membantu untuk memberi pengertian lewat sebuah unggahan video di TikTok bahwa tak ada yang salah dari konten tersebut. Menurut Frideswidi, buku Iqra sejatinya dibuat sebagai buku belajar, bukan seperti Alquran. "(Iqra) hanya jembatan untuk belajar membaca Alquran. Isinya memang harus dibaca dengan irama, supaya panjang-pendek harakatnya lebih mudah dipahami," terang dia.

Kala itu, Frideswidi tak mengungkap statusnya sebagai cucu pembuat buku Iqra. Lalu, ia mulai menemukan banyak konten-konten di TikTok yang membahas tentang sosok pria sepuh yang ada di buku Iqra tersebut. Misterius, kakek Frideswidi mendapat julukan 'Kakek Iqra'.

"Setiap ada creator yang bikin konten itu, pasti viewers dan komentarnya banyak saking ingin tahunya mereka dengan sosok Kakek Iqra. Dari situ, saya memutuskan membuat video untuk menjawab rasa penasaran mereka," cerita perempuan yang memiliki 50 ribu pengikut di TikTok ini.

Kontennya tersebut lantas mendapat reaksi positif dari TikTokers lainnya. Frideswidi mengatakan, mereka senang lantaran akhirnya bisa mengenal keturunan Kakek Iqra. Diungkap oleh Frideswidi, banyak di antara mereka yang mengaku semasa kecil sempat mengira kakeknya adalah Nabi Muhammad SAW.

"Sejak itu, mereka ingin sekali mengenal lebih jauh tentang Kakek Iqra dan minta aku menceritakan perjalanan hidup beliau," tambah perempuan yang berdomisili di Yogyakarta ini.


Frideswidi Aufi sendiri sebenarnya belum pernah bertemu sang kakek. Ia baru lahir tiga tahun setelah KH As'Ad Humam mengembuskan napas terakhir dalam usia 63 tahun pada 2 Februari 1996.

Cerita tentang kehidupan kakeknya didapat dari sang ibu dan nenek. Ibunya, Erweesbe Maimanati, merupakan anak ketiga dari KH As'Ad Humam. Kakek Frideswidi diketahui memiliki enam anak.

"Bunda yang pertama cerita, nenek juga. Perasaannya pasti senang dan bangga, juga bersyukur punya kakek seperti beliau," katanya.

"Maka aku berusaha melanjutkan dakwah seperti beliau meski tidak melalui menciptakan buku belajar ngaji, melainkan lebih kepada dakwah melalui sosial media yang harapannya bermanfaat bagi banyak orang juga," lanjutnya.

(dtg/dtg)